Rumah Siti Kholifah, Janda Kurang Mampu di Tuban Akhirnya Direnovasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Raut wajah Siti Kholifah (49) sumringah, karena rumahnya akhirnya direnovasi oleh TNI AD. Kholifah sendiri merupakan seorang janda kurang mampu yang bermukim di Dusun Krajan Rt 19 Rw 04 Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Rabu (13/7/2022). 

Kondisi rumah Kholifah sebelumnya reyot berukuran 4x7 meter. Atas kondisi tersebut, rumah itu dibongkar oleh anggota Kodim 0811 Tuban untuk direnovasi menjadi lebih layak huni. 

Bantuan yang diberikan Kodim 0811 itu, merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

Terkait : Belajar dari Rumah janda yang Tersambar Petir, BMKG Tuban Beri Tips Ini

Terpilihnya rumah Kholifah yang menjanda setelah suaminya meninggal setahun lalu, menjadi sasaran renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) itu berdasarkan hasil rapat dan koordinsi Babinsa dan perangkat desa setempat yang menyarankan agar rumah tersebut layak mendapat bantuan.

"Saya kesehariannya menjadi buruh tani untuk menghidupi anak yang masih TK," ujar Kholifah. 

Kondisi rumah Khilifah cukup memprihatinkan. Di mana dndingnya masih gedhek (anyaman bambu) berlubang dan sedikit miring. Di dalamnya hanya nampak sebuah tempat tidur yang menjadi satu dengan dapur. 

"Alhamdulillah melalui program RTLH ini rumah tersebut akan dibangun menjadi rumah sehat dan layak huni dan mempunya jamban yang sehat," terang Babinsa Pakel Sertu Dinny Utama.

Terkait : Terbujuk Rayuan Nikah Siri, janda Tuban jadi Korban Penipuan Emas dan Berlian Totalnya Rp26,5 Juta

Renovasi tersebut diharapkan Dinny berjalan lancar dan mendapat dukungan dari warga, sehingga proses pengerjaannya sesuai dengan rencana dan waktu yang yang ditentukan. 

"Kami akan bekerja semaksimal mungkin. Selain tenaga tukang dari Babinsa, tanpa diminta warga sekitarpun dengan sukarela turut membantu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RT 19, Darmu juga mendukung kegiatan ini dengan membagi tugas kepada warganya. Warga dengan senang hati meluangkan waktunya untuk membantu TNI dari Kodim 0811 Tuban yang sedang melaksanakan kegiatan bedah rumah milik Kholifah.

"Memang seyogyanya mendapatkan bantuan perbaikan RTLH, karena kodisi rumahnya yang memprihatinkan,' tutupnya. [Ali]

Terkait : janda Bobol Duit Belasan Juta di ATM Kekasihnya yang Kena Stroke, Caranya Cuma Begini

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS