Belajar dari Rumah Janda yang Tersambar Petir, BMKG Tuban Beri Tips Ini

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Saat ini intensitas hujan di Kabupaten Tuban terbilang tinggi. Walaupun sudah memasuki bulan Juli hujan masih kerap mengguyur wilayah Tuban, tak jarang disertai petir bahkan rumah seorang janda di Kecamatan Merakurak hancur tersambar petir

Melihat fenomena tersebut reporter blokTuban.com menkorfirmasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban dimana saja wilayah yang menjadi jalur petir dan wilah yang rawan sambaran petir.

Berita terkait: Kerugian Rumah Janda Tuban yang Tersambar Petir Ditaksir Rp30 Juta, Kartini: Kami Butuh Bantuan

BMKG Tuban mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Tuban, hampir di semua wilayah kecamatannya merupakan daerah rawan sambaran petir kecuali Kecamatan Bancar. Wilayah yang paling rawan sambaran petir yaitu Kecamatan Palang, Widang, Plumpang, Semanding, Tuban, Soko, Rengel, Parengan dan Senori. Sedangkan untuk kecamatan yang lainnya dalam kategori sedang.

Menanggapi petir yang menyambar rumah janda di Merakurak, Zem Irianto Kepala BMKG Tuban mengatakan tidak menggunakan barang elektronik bukan berarti tidak bisa tersambar petir. Jika barang-barang elektronik, seperti televisi atau telepon genggam, dalam kondisi sedang terhubung ke colekkan listrik maka hal tersebut berpeluang terjadinya sambaran petir.

Berita terkait: Rumah Janda Tuban Tersambar Petir, Dua Anak Terluka di Tangan dan Kakinya

Petir bisa masuk ke dalam rumah melalui kabel listrik menuju ke jaringan listrik di dalam rumah. "Akibatnya merusak barang elektronik bahkan rumah itu sendiri. Biasanya utk pengamanan alat2 elektronik tersebut dari sambaran petir diperlukan stavolt selain penangkal petir yg terpasang," Ujar Zem Irianto kepada blokTuban.com pada Selasa (28/6/2022).

Selain itu Zem juga menghimbau kepada masyarakat Tuban untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya apabila terlihat ada pertumbuhan awan cumulonimbus. Awan ini terlihat sangat tinggi berwarna hitam/ gelap dan luas akan menyebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Apabila sudah terdengar gemuruh guntur atau terlihat kilat dari awan Cumulonimbus, bisa dipastikan ada potensi terjadi sambaran petir di dekat wilayah tersebut. 

Nikmati konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Untuk menghindari sambaran petir ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti:

1. Segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil jika kalian sedang berada di luar ruangan dan mendengar guntur

2. Jangan berlindung di bawah pohon karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh, serta jauhi tiang listirk, menara atau sesuatu yang tinggi dan mudah tersambar petir.

3. Jangan berada di sawah, lapangan atau taman, karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.

4. Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan mencari tempat berlindung yang aman

5. Saat di dalam rumah cabutlah peralatan elektronik yang terhubung ke colokan listrik jika ditakutkan dapat tersambar petir

6. Pasang penangkal petir di rumah-rumah atau bangunan yang cukup tinggi. [Nur/Dwi