789 Mahasiswa Baru UNIROW Tuban Jalani PKKMB  Selama Empat Hari

Reporter: Mochamad Nur rofiq

blokTuban.com – Tak kurang dari 789 mahasiswa baru Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan awal semester ini dilaksanakan secara luring dengan protokol covid-19 secara ketat mulai hari ini, Rabu (14/9/2022) hingga Sabtu mendatang (17/9/2022).

Rektor UNIROW Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani mengungkapkan, kegiatan PKKMB ini untuk mempercepat transisi dan adaptasi mahasiswa di kehidupan kampus. Hal yang mesti dipersiapkan yaitu segi fisik maupun psikis. 

“Di perguruan tinggi ini, mahasiswa baru berada pada masa transisi dari SMA ke mahasiswa. Tentu memiliki tanggungjawab yang berbeda, sehingga harus dipersiapkan secara matang,” ujar Dian.

Unirow, lanjut Dian, merupakan kampus bermartabat dan taat azas. Mahasiswa baru ini dinilai sebagai amanah dan tanggung jawab. 

Komitmen yang dibangun UNIROW saat ini adalah meningkatkan kualitas. Harapannya lulusan perguruan tinggi di Jalan Manunggal No. 61 Tuban ini mampu berdaya saing.

“Itulah komitmen kami untuk meningkatkan kualitas dan menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing,” imbuhnya.

Baca juga :

UKM LPM Unirow Tuban Kunjungan Kerja di Kantor Redaksi blokTuban.com

KKN Unigoro-Unirow Dampingi UMKM Penghasil Kripik di Tuban dari Packaging hingga Merk Dagang

Alamat dan Fakultas yang Ada di Unirow Tuban

Memasuki era global, era kampus merdeka merdeka belajar, PKKMB diklaim sebagai sarana memfasilitasi mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dan memberikan bekal. Nantinya mereka siap menerima pembelajaran dengan nyaman dan terukur.

“Mahasiswa kita bekali dengan mindset baru, dari yang semula sebagai pelajar, kini sebagai pembelajar. Mahasiswa kita arahkan belajar bukan hanya terpaku di ruang belajar, namun lingkungan juga bisa jadi bahan pembelajaran,” ulasnya panjang lebar.

Masih Dian, mahasiswa baru ini nanti akan diberi kebebasan belajar di luar prodi. Mereka selama 3 semester setara 60 SKS akan belajar langsung di lingkungan proyek, desa, proyek kemanusiaan, riset, dan lain sebagainya.

“Unirow juga bekerjasama dengan dunia usaha dan industri sebagai wahana belajar mahasiswa,” kata Dian dengan meyakinkan.

Ia menilai kesempatan ini berkah bagi mahasiswa baru, sebab pada semester ini ada 14 mata kuliah program paktisi. Dengan melibatkan praktisi pihak luar dari dunia usaha maupun industri, untuk memberi bekal mahasiswa ketika lulus.

“Kuliah di UNIROW tidak hanya dari segi teoritis namun juga segi praktis. Lulusan mahasiswa kami memiliki kompetensi,” tegasnya.

Dian kembali mengaskan, PKKMB bukan perpeloncoan namun ajang untuk menyiapkan mahasiswa di dunia kampus. PKKMB UNIROW dilaksanakan dengan tiga asas, yaitu terbuka, demokratis, dan humanis.

“Dalam PKKMB ini mahasiswa baru juga akan dibekali materi wawasan kebangsaan dan materi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual,” pungkasnya. [Rof/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS