Hari Ini, 408 Mahasiswa Unirow Tuban dan Unigoro Bojonegoro Mulai KKN di 20 Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah dua tahun lalu Kuliah Kerja Nyata (KKN) online karena pandemi Covid-19, kini 408 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban memulai KKN luring perdana tahun 2022. 

Mereka ditempatkan di 20 desa yang terbesar di 14 Kecamatan di Kabupaten Tuban. KKN tematik kali ini berbeda, ada satu kelompok terdiri 10 mahasiswa Unigoro Bojonegoro ikut serta melaksanakan KKN di wilayah Tuban tepatnya di Kecamatan Parengan. 

Ratusan peserta KKN Unirow dan Unigoro dilepas oleh Bupati Tuban diwakili Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Abdul Rahmat bersama Rektor Unirow, Supiana Dian Nurtjahyani, dan Rektor Unigoro Bojonegoro, Tri Astuti secara simbolis menerbangkan balon warna di panggung wisuda Unirow Jalan Manunggal 61, Senin (18/7/2022). 

Terkait : Magang Jurnalistik di blokTuban.com Selesai, Mahasiswa PBSI Unirow Dapat 4 Bekal Ini

Pelepasan tersebut juga dihadiri Camat di Tuban, perwakilan OPD Tuban, Ketua PPLP PT PGRI beserta jajarannya, Wakil Rektor Unirow beserta dekan, Kaprodi, dan pejabat stuktural, dan dosen pendamping lapangan. 

Dalam sambutannya, Rektor Unirow, Supiana Dian berpesan kepada peserta KKN untuk tetap menjaga prokes dan staminanya selama sebulan di desa masing-masing. Sebagai program Kampus Merdeka, inilah kesempatan mahasiswa mengimplementasikan ilmu dan memberdayakan potensi yang ada di desa. 

"Di era MBKM, mahasiswa tidak hanya sebagai pelajar tetapi juga pembelajar dan tidak terbatas pada dimensi ruangan, tetapi secara luas. Di wahana manapun, mahasiswa dapat belajar mengimplementasi dan mengaplikasikan ilmu. Oleh sebab itu, di desa KKN nanti mahasiswa harus menjadi motor dan generator penggerak," ujar Dian di hadapan ratusan peserta KKN.  

Terkait : Unirow Tuban Luncurkan Smart Classroom, Ini Manfaatnya untuk Mahasiswa

Dosen Biologi Unirow Tuban itu, juga mengajak seluruh peserta untuk membangun potensi lokal yang ada. Sekaligus menjadikan nilai jual yang dapat dikompetitifkan di era global, karena mahasiswa Unirow memiliki peran ikut andil membangun Indonesia. 

"Sebagai laporan panitia, bahwa KKN tahun 2022 diikuti 408 yang mana 10 mahasiswa dari Unigoro. Terimakasih kepada Rektor Unigoro yang telah mengimplementasikan kerjasama kita. Salah satunya mahasiswa belajar di luar kampus, yang mana merupakan target indikator kinerja utama 2 yang jumlahnya ada 8," imbuh rektor perempuan pertama Unirow itu.  

Dian melanjutkan, mahasiswa KKN tahun 2022 memiliki kesempatan emas untuk memberdayakan potensi diri dan memberikan manfaat kepada masyarakat di desa tujuan KKN.

Terkait : 583 Mahasiswa Unirow Tuban Terima Beasiswa Tahun 2021, Terbanyak dari Kemendikbudristek

Pihak kampus berharap kepada Camat yang ditempati KKN, untuk senantiasa memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa. Dia yakin bahwa mahasiswa memiliki kemampuan membangun desa, sebagaimana tema KKN "membangun desa dan pedesaan di era MBKM". 

"Kami juga berpesan untuk menjaga etika dan sopan santun, karena kita orang timur," pintanya. 

Sedangkan, Plt Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Abdul Rahmat menyampaikan, visi Bupati Tuban yaitu membangun serta mewujudkan Tuban sejahtera berkeadilan, berbudaya, berdaya saing dan berazaskan lingkungan. Lalu, ada 4 misi sebagai bentuk penjabaran dari visi Bupati Tuban tersebut. 

Terkait : Pemenang Unirow Fest Digratiskan Daftar Ulang Kuliah

"Misi yang ke-3 yaitu mewujudkan SDM yang terlatih. Komitmen Pemkab ini telah sejalan dengan pusat, mulai tahun ajaran baru sudah menerapkan kurikulum merdeka yang sebelumnya kurikulum tahun 2013," sambungnya. 

Mewakili Bupati Tuban, Rohmat menyampaikan maaf karena pimpinan daerah tidak bisa hadir melepas peserta KKN Unirow dan Unigoro tahun ini sebab ada agenda lain. Diharapkan ilmu mahasiswa Unirow dan Unigoro bermanfaat untuk masyarakat, terlebih mampu memberdayakan potensi lokasi di setiap desa. [Ali]

Terkait : Gelar Wisuda Luring, Unirow Peringkat ke 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi di Indonesia

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS