Prediksi BMKG Mulai 6-10 September 2022: Tuban dan 19 Daerah Jatim untuk Waspada Bencana Hidrometeorologi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kewaspadaan untuk masyarakat di Kabupaten Tuban dan 19 daerah lainnya di Jawa Timur. Pada wilayah tersebut berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi, Selasa (6/9/2022). 

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Sidoarjo, Taufiq Hermawan dalam keterangan resminya mengatakan, saat ini wilayah Jawa Timur berada pada musim kemarau, akan tetapi diprakirakan wilayah Jawa Timur secara umum masih berpotensi hujan dengan intensitas bervariatif dari ringan, sedang, bahkan hingga lebat dan disertai petir. 

"Dikarenakan aktifnya gangguan fenomena gelombang atmosfer Rossby dan MJO, serta adanya daerah belokan angin di wilayah Utara Jawa Timur. Selain itu, suhu muka laut di perairan Jawa Timur yang masih cukup hangat dengan anomali suhu muka laut antara +0.5 s/d + 1.5ºC serta masih adanya fenomena La Nina lemah," ujar Taufiq. 

Baca juga :

Prediksi BMKG 5 September 2022: Tuban Berpotensi Hujan Lebat dan Petir

Antisipasi Kemarau 2022, BPBD Tuban Siapkan 7.200 Meter Kubik Air

BMKG Tuban Prediksi Kemarau Basah Akan Berlangsung hingga November 2022

Berdasarkan adanya gangguan atmosfer yang cukup signifikan tersebut, menyebabkan kondisi atmosfer menjadi labil sehingga berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat. 

Potensi hujan di wilayah Jawa Timur diprakirakan terjadi pada tanggal 06 - 10 September 2022, pada wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Nganjuk, Kab. Kediri, Kab. Mojokerto, Kab.Blitar, Trenggalek, Bangkalan, Sampang, Sumenep, Kab. dan Kota Malang, Kota Batu, Lumajang, Kab. Pasuruan, Jember, Kab. Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi.

"Masyarakat kami himbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," imbuhnya.

Pihanya juga menghimbau masyarakat untuk selalu mengupdate informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam-an yang selalu kami share via medsos dan website (http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id), media sosial (@infobmkgjuanda), dan telepon (031) 8668989. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS