Upacara Adat Gumbregan Menurut Generasi Ke V Samin Surosentiko

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan budaya yang unik. Salah satunya Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dengan tradisi tahunan Gumbregan. 

Upacara adat Gumbregan merupakan salah satu bentuk selamatan yang dilakukan masyarakat pemilik hewan piaraan seperti kambing, kerbau, sapi, dan kuda.

Gumbregan setiap tahunnya dirayakan oleh masyarakat Samin - Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Menurut Bambang Sutrisno Putra Harjo Kardi, Generasi Ke V Samin Surosentiko menjelaskan, Gumbregan diperingati setiap bulan Suro Jumat Pahing dan tahun ini jatuh pada 19 Agustus 2022. 

Baca juga :

5 Lokasi Sewa Kostum di Bojonegoro beserta Nomor dan Alamatnya

Gaya 5 Model Pria dan Wanita di Bojonegoro Fashion Week yang Heboh di Sosial Media

Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta

"Upacara adat Gumbregan digelar di simpang empat Dusun Jepang Desa Margomulyo, karena Dusun Jepang adalah sebagai pusat warga masyarakat Samin," ujar Bambang dilansir dari Kominfo Jatim, Sabtu (20/8/2022). 

Bambang menambahkan, ritual Gumbregan diisi dengan makan ketupat secara bersama-sama. Lalu, dilanjutkan do'a bersama dan baru kita bagikan kepada warga yang mengikuti acara tersebut untuk bisa dinikmati/dimakan bersama. 

Kegiatan sakral tersebut juga hadiri oleh perwakilan Disbudpar Propinsi, UIN Sunan Kalijaga, pegiat seni budaya Lab Seni Senthong Sekarjati, Adi Sutarto. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS