Doa Memperbaiki Diri Agar Memiliki Akhlak Terpuji

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidup. Namun memiliki kesadaran untuk memperbaiki diri itu penting dilakukan.

Saat melakukan sebuah keburukan, seseorang disebut memiliki akhlak yang tercela. Lantas setelah melakukan perbaikan diri disitulah proses membentuk akhlah terpuji.

Berikut ini, dilansir dari NU Online doa yang diajarkan Rasulullah memohon kepada Allah agar dianugrahi akhlakul karimah.

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ  

Latin: AllāhummahdinÄ« li ahsanil akhlāq. Lā yahdÄ« li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annÄ« sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta. 

Artinya: “Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.” 

Doa ini dapat diamalkan alangkah baik dalam keadaan suci atau selepas salat wajib lima waktu. Atau setelah melaksanakan salat sunnah taubat.

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS