3 Syarat Agar Taubat Kita Diterima Allah SWT

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tidak ada manusia di dunia ini yang luput dari dosa. Maka diberi kesempatan bertaubat sebelum ajal menjemput adalah nikmat tiada tara.  

Seperti yang termuat dalam  surat Al-Baqarah yang menerangkan katergori orang bertakwa antara lain, menjalankan sholat, percaya hak gaib, iman terhadap Al-Qur'an beserta isinya, bersabar dan lainnya.

Setelah bertaubat, belajar menjadi orang yang bertakwa lantaran Allah adalah Dzat Yang Maha Pemaaf pula. 

Terlebih di era yang serba digital, berbagai sumber informasi mudah diakses. Namun jangan sampai kemudahan tersebut disalahgunakan dengan menyebar berita hoax atau perbuatan yang melanggar norma lainnya.

terdapat 3 syarat taubat yang diterima Alah SWT, seperti yang dikutip dari NU Online yang menganut Ahlusunnah wal Jama'ah.

Dikutip dari kitab Risalatul Qushairiyah ketiga syarat tersebut yaitu pertama harus menyesali telah melakukan perbuatan dosa. 

Kedua setelah sadar melakukan sebuah dosa dan menyesalinya, hendaknya meninggalkan sumber dari hal yang menyebabkan berbuat dosa tersebut.

Ketiga yaitu berjanji dihadapan Allah SWT tidak akan mengulangi dosa tersebut di kemudian hari.

 Berikut ini dalil yang dikutip dari kitab Risalatul Qushairiyah:

شرط التوبة حتى تصح ثلاثة اشياء: الندم على ما عمل من المخالفات، Ùˆ ترك الزلة في الحال،  Ùˆ العزم على ان لا يعود إلى مثل ما عمل من المعاصي. فهذه الاركان لا بد منها، حتى تصح توبته.

 Artinya: Bahwa syarat sampai diakui sebagai tobat yakni melingkupi tiga hal. Pertama, menyesali kesalahan yang telah dilakukan. Kedua, meninggalkan kesalahan dalam keadaan apapun dan ketiga menetapkan atau berjanji tidak akan mengulangi perbuatan maksiat serupa. Maka rukun-rukun ini adalah wajib, agar tobatnya menjadi sah. (Imam Abi al-Qasim al-Qusyairy, al-Risalah al-Qusyairiyah, Jakarta, Dar al-Kutub al-Islamiyah, 2011, halaman: 127.)

Merujuk penjelasan di atas, bertaubat tidak hanya dilakukan di mulut saja. Melainkan harus membuktikan serta berkomitmen tidak akan mengulanginya lagi.[dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS