Peristiwa Penting yang Terjadi pada 10 Muharram, Alasan Rasulullah SAW  Anjurkan Puasa Asyura

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Umat Islam mencatat ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 10 Muharram. Ilulah mengapa Muharram disebut sebagai bulan yang istimewa.

Pada kalender Hijriyah, tepatnya 10 Muharram dikenal dengan hari Asyura atau diambil dari kata Al-Asyir yang berarti ke-10.

Seperti yang dikutip dari Kitab Nazaatul Majalis Wa Muntahkhobun (Syekh Abdurahman Al-Sofuri) dan Al-Nawadzir (Syekh Sihabuddin bin Salamah Al-Qolyubi) dilansir dari laman NU Online, menyebutkan terdapat peristiwa bersejarah yang terjadi pada Nabi utusan Allah di tanggal tersebut.

Peristiwa bersejarah yang terjadi di masa lalu diantaranya:

1. Nabi Adam 'alaihissalam bertobat atas segala dosa-dosanya kepada Allah SWT

Nabi Adam As berdosa lantaran memakan buah yang dilarang yaitu buah khuldi. Taubat Nabi Adam As diterima oleh Allah SWT dengan konsekuensi diturunkan ke bumi. 

2. Nabi Musa 'alaihissalam mendapat anugerah berupa kitab Taurat

Selain mendapat anugerah kitab Taurat, Nabi Musa As beserta umatnya dikenal dengan kisahnya yang berhasil menyeberangi laut merah dengan karomah tongkat membelah laut dari kejaran Fir'aun.

3. Nabi Idris 'alaihissalam oleh Allah diangkat ke tempat yang lebih tinggi

Nabi Idris As dikenal dengan sifat welas asihnya kepada sesama dan tepat 10 Muharram ia diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

4. Nabi Nuh 'alaihissalam  berhasil melabuhkan kapal raksasanya di bukit Zuhdi 

Kapal Nabi Nuh As berhasil bersandar di bukit Zuhdi dan menyelamatka segenap umatnya dari banjir dahsyat waktu itu.

5. Nabi Ibrahim 'alaihissalam diangkat menjadi kekasih Allah SWt atau khalilullah

Nai Ibrahim As berhasil selamat dari hukuman tidak sewenang-wenang Raja namrud yang dituduh telah menghancurkan berhala pemujaan.

6. Kenaikan Nabi Isa'alaihissalam

Nabi Isa As oleh Allah telah ditukar dengan Yahuza. Tanggal 10 Muharram merupakan peristiwa naikknya Isa As, Allah menyelematkannya dari kekejaman Bani Israil.

7. Nabi Yunus selamat dari perangkap perut ikan

10 Muharram merupakan tanggal dimana Allah SWT menyelamatkan Nabi Yunus As keluar dari perut ikan yang konon memiliki ukuran tubuh sangat besar.

8. Nabi Yakub 'alaihissalam bertemu dengan Nabi Yusuf 'alaihissalam 

Terhitung sudah 40 tahun keduanya hidup terpisah. Nabi Yakub 'alaihissalam  sempat mengalami kebutaan dan pada tanggal 10 Muharram ia dipertemukan dengan putranya yaitu Nabi Yusuf 'alaihissalam  serta sembuh dari kebutaan.

9. Nabi Yusuf 'alaihissalam  terbebas dari penjara 

Nabi Yusuf As sewaktu muda memiliki ketampanan yang membuat wanita terpikat. Sebab itulah ia difitnah dan dimasukkan ke dalam penjara, terpisah dari keluarganya.

10. Nabi Sulaiman 'alaihissalam mendapatkan kembali tampuk kerajaannya

Seperti yang lain, tanggal 10 Muhaarm menjadi hari bersejarah bagi Nabi Sulaiman As. Ia memperoleh kembali tampuk kekuasaan kerjaraan yang telha hilang darinya. 

 

Banyaknya kejadian atau peristiwa bersejarah di tanggal 10 Muharram menjadikan tanggal ini begitu istimewa.

Sayyidah Aisyah, istri Nabi SAW menyatakan bahwa hari Asyura adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyah, Rasulullah juga ikut mengerjakannya. 

Selain itu salah seorang sahabat, Ibnu Abbas, saudara sepupu Nabi yang dikenal sangat ahli dalam tafsir al-Qur’an meriwayatkan bahwa saat Nabi berhijrah ke Madinah, beliau menjumpai orang-orang Yahudi berpuasa Asyura dengan alasan yang artinya:

“Allah telah melepaskan Musa dan Umatnya pada hari itu dari (musuhnya) Fir’aun dan bala tentaranya, lalu Musa berpuasa pada hari itu, dalam rangka bersyukur kepada Allah”.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS