Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Pertengahan Muharram, Bertepatan Tanggal 11-13 Agustus 2022

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Beberapa hari lalu umat islam telah melewati hari Asyura 10 Muharram yang disunnahkan untuk berpuasa. Berselang beberapa hari berikutnya 13-15 Muharram 1444 H,  yang jatuh pada 11-13 Agustus 2022 dianjurkan untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh.

Bagaimana bacaan niat dan keutamaan puasa ayyamul bidh di bulan Muharram?

Dalam sebuh hadist riwayat Ibnu Abbas yang dikutip dari NU Online, yang artinya 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'." (HR an-Nasa'i dengan anad hasan).

hukum puasa ayyamul bidh adalah sunnah muakkad. Artinya amalan yang pelaksanannya berdasarkan suri tauladan Rasulullah SAW, yang apabila dikerjakan akan melengkapi pahala-pahal sunnah sebelumnya.

Terdapat keutamaan melaksanakan ibadah puasa sunnah ayyamul bidh yang dikerjakan selama 3 hari berturut-turut tersebut. Yaitu barang siapa yang melakukan opuasa sunnahayyamul bidh seperti mengerjakan puasa sepanjang tahun.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda yang artinya 'Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. 

Sesuai dengan firman Allah yang termuat dalam Surat Al-An'am ayat 160 yang bartinya berbungi: "Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya." [QS al-An'am: 160].

Berikut ini bacaab niat puasa sunnah ayyamul bidh yang jatuh besok 11-13 Agustus 2022:

  نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى   

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Itulah keutamaan dan niat puasa sunnah ayyamul bidh. Setelah memiliki kehendak berpuasa, jangna lupa dibaca niatnya ya. Semoga bermanfaat.[dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS