4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Allah SWT telah mengutus para nabi untuk menyampaikan ajaran kebaikan di muka bumi. Dari sekian nabi utusan Allah, ada 5 orang yang mendapat predikat Rasul yang memiliki kelebihan dan tugas mulia.

Kelima Rasul tersebut yaitu Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad, seperti yang dikutip dari NU Online, yang memiliki julukan Ulul-Azmi (اولوالعزم) dimana dianugrahi kesabaran yang luar biasa. Hal tersebut berbading dengan ujian yang dilalui semasa menyebarkan ajaran Allah.

Terdapat sifat-sifat yang melekat pada Rasul yang wajib kita imani. Untuk itu salah satu poin rukun iman di agama Islam adalah beriman kepada Rasul Allah. 

Berikut ini 4 sifat yang dimiliki para Rasul utusan Allah:

1. Shidiq (صِدْقٌ) 

Artinya Rasul utusan Allah memiliki sifat benar. Benar untuk setiap tindakannya. Setiap perkataannya selalu benar dalam menyampaikan wahyu yang bersumber dari Allah SWT.

2. Amanah (اَمَانَةٌ)

Artinya setiap tindakan para Rasul ini dapat dipercaya. Allah menjaga jiwa dan raga Rasul dalam misi melaksanakan tugas kenabiannya untuk menjaga keyakinan dan kepercayaan pengikutnya.

3. Tabligh (تَبْلِغٌ) 

Tugas Rasul adalah menyampaikan wahyu yang berisi perintah dan larangan dari Allah SWT. Semua ayat yang diturunkan Allah disampaikan kepada pengikut, tidak ada yang disembunyikan sama sekali.

4. Fathonah (فَطَانَةٌ) 

Artinya Rasul adalah manusia spesial yang cerdas. Rasul yang ditugaskan menyampaikan wahyu afdalah orang yang cerdas. Tingkat kecerdasan ini yang menjadikan Rasul mampu menghadirkan argumentasi dan solusi setiap permasalahan yang hadir di tengah umat.

Hingga saat ini, kehidupan modern dan perkembangan peradaban masih relate dengan wahyu yang telah disampaikan Rasulullah beribu tahun lamanya. Semoga kita senantiasa mengamini dan mengikuti ajaran kebaikan para Rasul Allah. [dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS