Jelang Pengukuhan Pagar Nusa Tuban, Kapolres Minta Anggotanya Inventarisir Daerah Rawan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perguruan pencak silat Pagar Nusa (PN) tahun 2022 cabang Tuban berencana menggelar pengukuhan anggota tetap pada Minggu (14/8) mendatang. Sebagai upaya persiapan pengawalan, Seluruh ketua ranting Pagar Nusa cabang Tuban bertemu untuk rapat koordinasi di Mapolres Tuban, Kamis (11/8/2022). 

Rakor tersebut dipimpin langsung Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, bersama Wakapolres Tuban Kompol Palma Fitria Fahlevi, PJU Polres Tuban, Ketua Pagar Nusa Cabang Tuban M. Abdul Mujib dan dihadiri stakeholder terkait serta Kapolsek jajaran.

Pada rakor ditegaskan Kapolres Rahman, bahwa keamanan di pengukuhan anggota tetap Pagar Nusa bukan hanya tanggung jawab Kepolisian namun juga tanggung jawab keseluruhan stakeholder yang ada di wilayah Tuban.

“Indikator suksesnya sebuah pengamanan adalah jika kegiatan tersebut bisa berjalan aman lancar dan kondusif” Ucap AKBP Rahman Wijaya dikutip dari Humas Polri.

Baca juga :

230 Kader Pagar Nusa Jenu Peringati Hari Lahir Pancasila

Merawat Kesakralan Berkhidmat, PAC Pagar Nusa Singgahan Gelar Apel Pendekar dan Halal Bihalal

Pengurus PSNU PN Dilantik, Abdul Mujib: Ghirahnya Pagar Nusa adalah Santri

Rahman Wijaya menambahkan dalam pengamanan sebuah kegiatan harus ada persamaan persepsi dalam mekanisme pengamanan. Kapolsek jajaran ditekankan untuk segera melaksanakan koordinasi dengan forkopimka, kepala desa serta ketua perguruan ranting yang ada wilayah masing-masing.

“Inventarisir daerah yang dianggap rawan tentukan cara bertindak bagaimana sehingga situasi saat kegiatan bisa berjalan kondusif,” pinta perwira polisi asal Banyuwangi itu.

Seluruh ketua ranting Pagar Nusa diharapkan Kapolres agar memberikan himbauan kepada penggembira agar diupayakan untuk ditiadakan untuk menghindari permasalahan dengan kelompok yang melakukan provokasi.

Ketua Pagar Nusa Cabang Tuban, Abdul Mujib menjelaskan, telah melakukan himbauan baik internal maupun eksternal terkait dengan kegiatan pengukuhan anggota tetap Pagar Nusa terutama kepada para penggembira agar tidak tidak ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kami sudah menghimbau kepada semua pimpinan anak cabang terkait pelaksanaan besok yang hadir harus memakai mobil tertutup baik dari peserta maupun yang mendampingi dan sudah saya himbau bahwa penggembira saya tiadakan baik di tingkat internal maupun eksternal cabang-cabang lain untuk kegiatan besok agar tidak ikut hadir” ucap Abdul Mujib.

Berkaca dari kejadian beberapa waktu lalu, rakor kali ini menjadi landasan maupun evaluasi agar kegiatan pengukuhan anggota tetap bisa berjalan lancar serta kondusif. Mujib atas nama pimpinan cabang mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Tuban yang telah berusaha secara maksimal mengawal pengukuhan anggota tetap di tahun 2022. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS