19:00 . Peringati Maulid Nabi Muhammad, TPQ Al-Ma’ruf Adakan Pawai Bersama   |   18:00 . Overkapasitas Tak Halangi Lapas Tuban Terima 20 Napi Pindahan Asal Mojokerto   |   17:00 . Industri Kilang Berpotensi Ubah Alur Tangkap Ikan Nelayan, Ini Saran Pakar   |   16:00 . Lahan Kosong Disulap Jadi Tempat Bisnis Nursery   |   15:00 . Es Puter Legendaris, Kuliner Jadul Asal Klaten   |   14:00 . Sarasehan HSN di Bongok, Begini Pesan Bupati Tuban Untuk Para Santri   |   13:00 . Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak   |   12:00 . Songsong HJT ke-728, Unirow Gelar Diskusi Permasalahan Pesisir Tuban   |   11:00 . Hadapi Tantangan Digital, Ansor Jatim Gembleng Kader Melalui Madrasah Cyber Jilid Dua   |   10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |  
Sun, 24 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tak Diberi Izin Latihan di Desa Sumberarum, Begini Respon Ketua Pagar Nusa Tuban

bloktuban.com | Friday, 24 September 2021 11:00

Tak Diberi Izin Latihan di Desa Sumberarum, Begini Respon Ketua Pagar Nusa Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban tidak memberikan izin kepada Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) untuk melaksanakan latihan di desa setempat.

Tidak diberikannya izin latihan di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek tersebut tertuang dalam surat pemberitahuan dengan nomor surat 140/343/414.408.16/2021 tertanggal 14 September 2021 yang ditanda tangani oleh Kepala Desa (Kades) Sumberarum, Narto.

Surat yang berisi terkait tidak diberikannya izin untuk melaksanakan latihan di Desa Sumberarum tersebut ditujukan kepada Pimpinan Anak Cabang Pencak Silat Nahdlotul Ulama Pagar Nusa.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Desa Sumberarum Narto, membenarkan adanya surat terkait tidak diberikannya izin kepada PSNU Pagar Nusa untuk melaksanakan latihan di desa setempat. Dengan alasan desa sedang dalam keadaan kurang baik.

"Siapp, tidak diberikanya izin karena kondisi desa kurang kondusif," terang Narto ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (16/9/2021).

Merespon terkait surat yang dikeluarkan oleh Pemdes Sumberarum, Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kabupaten Tuban, Abdul Mujib menginstruksikan kepada para pelatih dan pengurus untuk tetap menjalankan kegiatan latihan jika sudah mendapatkan izin dari tempat yang digunakan latihan.

"Saya memberikan instruksi kepada para pelatih dan pengurus untuk tetap menjalankan kegiatan kepelatihan Pagar Nusa jika sudah mendapatkan izin dari tempat yang digunakan latihan," terang Abdul Mujib.

Dia menuturkan, Pagar Nusa sebagai Badan Otonom (Banom) NU adalah organisasi legal dan bukan organisasi terlarang yang sudah mempunyai kekuatan hukum untuk mengembangkan Pencak Silat NU sebagai penyambung sanat keilmuan para kyai dan para wali agar tidak punah.

"Terkait isi dari surat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa itu sangat gegabah dan ambigu dan terkesan diskriminasi," imbuhnya.

Gus Mujib sapaan akrabnya menilai, jika alasan dari Pemerintah Desa yang berkaitan langsung dengan Pagar Nusa tidak jelas. Maka, teman-teman agar tidak terpengaruh dengan surat tersebut dan tetap mengadakan latihan seperti biasa.

"Semestinya fungsi Pemerintah Desa mendukung dan membina semua organisasi sosial kemasyarakatan dan sosial keagamaan, juga organisasi apapun yang sudah mempunyai legalitas yang jelas bukan kok malah mendiskriminasi," pungkas Mujib. [hud/mu]

Tag : psnu pagar nusa tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more