17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Merawat Kesakralan Berkhidmat, PAC Pagar Nusa Singgahan Gelar Apel Pendekar dan Halal Bihalal

bloktuban.com | Sunday, 08 May 2022 18:00

Merawat Kesakralan Berkhidmat, PAC Pagar Nusa Singgahan Gelar Apel Pendekar dan Halal Bihalal Halal Bihalal Pagar Nusa Singgahan. (Foto:Ba/blokTuban.com)

Penulis : Moh. Baidhowi Mawahib Al Baba

blokTuban.com - Untuk meningkatkan soliditas antar pendekar, ratusan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Singgahan menggelar Apel Pendekar Dan halal bihalal. Acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri tidak kurang 300 pendekar, Minggu (08/5/2022).

"Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunya oleh PAC Singgahan dan pusat kegiatan kali ini bertempat di Ranting Mulyorejo (Trembul)," ujar Kang Baba Badhal dari Ketua PAC Singgahan.

Pendekar asal Bojonegoro itu menambahkan, tradisi halal bihalal sebagai wujud nyata kecintaannya akan tradisi di tubuh NU dan ajang berjabat tangan dan bermaaf maafan sesama saudara. Selain itu, juga usaha mewujudkan persatuan dan kesatuan antara pendekar Pagar Nusa untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Sebagai Badan Otonom (Banom) NU, Pagar Nusa siap dan setia di garda depan demi tegaknya NKRI," tegas Kang Baba, sapaan akrabnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa, yang kali ini diwakili oleh wakil ketua Muhammad Sholihin menuturkan, dengan adanya halal bihalal dianggap sebagai wadah dan sarana silaturrohim antar warga Pagar Nusa. Sekaligus sebagai solusi mencari kelemahan organisasi, untuk menuju Pagar Nusa yang lebih baik.

Ia juga berpesan kepada Seluruh santri Pagar Nusa (PN) Singgahan bahwasanya, dengan berkembangnya Pagar Nusa di wilayah Kecamatan Singgahan saat ini sangat luar bisa. Semua harus mampu mempertahankan embrio dalam segala segala lini. 

"Karena yakin dan tidak kita yakini bahwa Pagar Nusa Singgahan menjadi menjadi salah satu pelopor berdirinya Pagar Nusa di Kabupaten Tuban," tegasnya

Pihaknya berharap, agar acara serupa bisa dikembangkan di setiap daerah, baik tingkat PAC/Ranting untuk menunjukkan soliditas organisasi.

Sedangkan dari Polsek Singgahan juga berpesan sekaligus menghimbau Pagar Nusa Harus mawas diri dalam kondisi dan situasi apapun. Tidak usah terpancing oleh oknum atau ujatan ujatan yang mengandung profokasi yang nantinya menimbulkan perkelahian.

Sebisa mungkin, Pagar Nusa harus menjadi cermin dan tolak ukur ditengah tengah masyarakat yang selalu mengedepankan santu, dan berahklaqul karimah dalam hidup bermasyarakat. [Ba/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Pagar Nusa, PAC Singgahan, Halal Bihalal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat