Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Klotok bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menggelar kegiatan festival Layang-layang Nasional 2022 dengan peserta dari berbagai daerah. 

Kepala Desa Klotok, Suhartoyo mengatakan selain untuk memeriahkan HUT RI yang ke 77 tahun, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban.

"Untuk hari ini kegiatan kita Selayang Plumpang, ini agenda Kecamatan dan juga agenda desa Ekspo UMKM yang bertujuan untuk menggiatkan ekonomi disekitar wilayah Plumpang, untuk event yang diberi nama Selayang Plumpang ini," terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi kegiatan, Minggu (7/8/2022). 

Selain festival layang-layang dan bazar UMKM, kegiatan yang digelar selama 4 hari berturut-turut ini nantinya juga rencananya akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan lainnya, seperti festival dolanan, lomba mewarnai, lomba menyanyi, gema Asmaul Husna, hingga pidato kebangsaan. 

Baca juga :

Peringati Hari Anak Nasional, Rumah Baca Anak Gelar Lukis Pasir Bersama 

Datangkan Seniman Pertunjukan, MI Salafiyah Plumpang Tuban Isi Penutupan MPLS dengan Belajar Pantomim

Gandeng Pendongeng Rumah Baca Anak Tuban, Y_asik_a Outbound Usung Konsep Baru

Dalam festival layang-layang ini sendiri, ada sekitar 20 peserta dari berbagai daerah yang turut berpartisipasi, diantaranya seperti Blora, Lamongan, dan juga Bojonegoro untuk merebutkan juara dalam berbagai kategori. 

"Ada sekitar 20-an peserta untuk trend naganya, kategori pemenangnya tadi ada yang terpanjang dan kemudian terbaik untuk naiknya juga ada," terangnya. 

Setelah sukses menggelar kegiatan festival dengan sangat meriah, Suhartoyo berencana untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya. Dengan harapan agar bisa menjadi pintu untuk memajukan serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Harapan kedepannya acara ini tetap ada dan rencananya akan kita agendakan setiap tahun untuk kegiatan ekspo UMKM dan selayang ini. Sebenarnya ini yang kedua kali, yang pertama waktu Covid kemarin, tapi yang umum baru ini untuk yang tahun kemarin biasa saja, pesertanya cuma dari warga desa sekitar saja," bebernya. 

Sementara itu, Camat Plumpang, Saefiyudin mengatakan jika Festival Selayang ini merupakan event pertama yang digelar oleh pihaknya di Kecamatan Plumpang. Sebagai salah satu usaha untuk membangkitkan perkenomian masyarakat melalui UMKM. 

"Ini adalah event kami yang pertama di Kecamatan Plumpang persembahan untuk Bupati dan juga masyarakat Kabupaten Tuban. Insyaallah dengan kegiatan ini UMKM sangat bergeliat. Kegiatan ini bukan hanya satu hari, tapi empat hari mulai siang sampai malam hari," paparnya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS