22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Awal Mula Ide Bisnis Plastik Tulang Ikan Mahasiswa Untag Surabaya

bloktuban.com | Thursday, 04 August 2022 13:30

Awal Mula Ide Bisnis Plastik Tulang Ikan Mahasiswa Untag Surabaya Tiga mahasiswa Untag Surabaya yang memiliki ide bisnis plastik dari tulang ikan.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ide bisnis plastik yang dibuat menggunakan tulang ikan menjadi juara 2 di kompetisi tingkat nasional National Creative Business Idea Competition. Gagasan tersebut merupakah buah pemikiran dari tiga mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang tergabung dalam Tim Serendepity. 

Ketiga mahasiswa yang memiliki ide bisnis brilian itu adalah, Albert Evando Wangsajaya, Fachrizal Ardiansyah dan Zuhriah Virlani. Mereka mengalahkan 40 peserta lainnya, dalam kompetisi virtial yang digelar oleh Universitas Multi Data Palembang dengan peserta mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Setidaknya ada dua permasalahan atau keresahan yang dipikirkan oleh tim Serendepity ini. Pertama, kebijakan di toko-toko yang sekarang gak boleh pakai kantong plastik, walaupun sudah biodegradable kadang plastik masih menimbulkan micro plastic yang tetap berbahaya.

Keresahan kedua, limbah tulang ikan yang menumpuk. Mereka berharap selainmengatasi masalah penumpukan sampah plastik yang tidak dapat terurai, juga tulang ikan yang belum dikelola secara maksimal. 

Baca juga :

Terancam Punah, 7.000 ikan Bilih Dilepas ke Habitat Aslinya di Danau Singkarak

Mengintip Gurihnya Bisnis Aneka Camilan di Tuban Yang Beromzet Jutaan Rupiah

Bisnis Servis KTP dan SIM Setiap Hari Dicari Puluhan Warga Tuban, Tarifnya Murah Meriah

Ini 3 Strategi Kembangkan Bisnis yang Baru Dirintis

Ketua Tim Serendepity - Albert Evando Wangsajaya mengatakan bahwa timnya menyoroti permasalahan sampah kantong plastik. Selain itu, kawasan Surabaya terutama daerah Kenjeran merupakan penghasil ikan untuk bahan baku yang bisa didapat dengan mudah. 

“Kami berharap ide bisnis kreatif ini bisa mengurangi sampah plastik dan juga sampah tulang ikan,” ungkap mahasiswa semester dua ini dilansir dari laman resmi Kominfo Jatim, Kamis (4/8/2022). 

Dengan capaian tersebut, Albert dan tim merasa bersyukur telah mendapat juara. Menurutnya, ini menjadi langkah awal bagi timnya untuk terus berkembang. 

"Ke depan, kami ingin terus berlomba dan ingin benar-benar merealisasikan ide bisnis yang akan kami angkat dalam perlombaan ke depan. Kami juga ingin membuat start-up,” tuturnya. 

Albert berharap prestasinya bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Selama masih menjadi mahasiswa, ia mengajak untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya karena akan berguna saat nanti bekerja. 

"Jangan takut mencoba karena kesempatan itu tidak bisa ditunda,” tutup sulung dari dua bersaudara ini. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : Plastik tulang ikan, Untag Surabaya, Juara Nasional, Blok Tuban, Tuban hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat