23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini 3 Strategi Kembangkan Bisnis yang Baru Dirintis

bloktuban.com | Wednesday, 22 June 2022 09:00

Ini 3 Strategi Kembangkan Bisnis yang Baru Dirintis Ilustrasi porduk lokal Tuban. (dok/blokTubancom)

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memulai usaha baru, pasti memiliki tantangna tersendiri. Guna menarik minat konsumen untuk melirik usaha yang tengah kamu rintis coba lakukan 3 strategi berikut ini. 

Alur hingga seseorang deal membeli produkmu dapat dimulai sejak penentuan jenis produk. Selain menjamin kualitas, kemasan menarik tentu produk tersebut banyak peminat atau dibutuhkan khalayak umum.

Pada era digitalisasi, mekanisme pembayaran dalam transaksi online tentu mendapat perhatian calon konsumen. Pelaku UMKM harus memastkan pembayaran melalui sistem jarak jauh atau transfer antar bank daat dipercaya dan memudahkan konsumen.

Baca juga: Joget-joget di CFN Taman Sleko Tuban, Ironis Hiburan Musik Band yang Berakhir Tawuran

Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pelaku usaha online sering memilih metode transfer antar bank.

Berdasarkan sudut pandang praktisi sekaligus pebisnis, Kara Nugroho, Co-Founder & Creative Director PVRA, menyebutkan ada  tiga strategi utama bagi pelaku UMKM dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk mereka.

Baca juga: Perempuan Tuban Ini Sukses Merintis bisnis Coklat Karakter Lucu, Tak Disangka Awalnya Begini

1. Memberikan Jaminan Kepercayaan dan Kemudahan 

Pelaku usaha menyediakan call center dimana  pelanggan dapat berkonsultasi langsung melalui WhatsApp tentang knowledge produk dan kemudahan bertransaksi. Penjualan yang mana konsumen telah mengetahui akan nilai produk, ditambah harga yang memadai otomatis mencapai titik kepuasan dan akan bertransaksi kembali 

2. Pahami kebutuhan pelanggan

Penjual adalah konsumen. Strategi ini dilakukan dengan memposisikan seandainya si penjual adalah konsumen. Selain iyu riset dan pengembangan produk tidak kalah penting.

Persaingna pasar sangat ketat, sehingga berinovasi dan mengetahui perubahan kebutuhan masyarakat menajadi kunci agar produk kuta tetap eksis di tengah masyarakat. Terlebih jika produk tersebut memiliki niche tertentu.

Baca juga: 

3. Konsisten menjaga kualitas produk

Perjalanan awal mendirikan usaha memang tidak mudah. Namun dengan perencanaan matang dan berusaha menjaga kualitas produk akan membuat suatu usaha berumur panjang.

Saat usaha mulai berkembang dan dinamis mengikuti perkembangan kebutuhan, sosial masyarakat dan politik. Maka kualitas akan membawa konsumen kembali ke produk/ usaha kita. 

Seperti yang terjadi belakangan ini sejumlah produk mentah atau bahan pokok mengalami kenaikan harga. Pelaku UMKM dituntut memastikan usaha terus berputar di lain sisi tetap berusaha mempertahankan kualitas.(suara.com)

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : umkm, usaha baru, strategi bisnis, strategi usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat