Usia 19 Tahun Pandai Berbisnis, Pemuda Plumpang Raup Cuan Jutaan Rupiah Setiap Bulan

Reporter: Suci Dewi Setiani

blokTuban.com - Pada usia yang relatif muda, pemuda bernama lengkap Bima Carika Yudha sudah pandai berbisnis. Tahun ini ia menginjak usia 19 tahun.

Pemuda yang tinggal di Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban ini memulai usaha jual beli mobil tiga tahun lalu, tepatnya tahun 2019. 

Saat ini ia baru saja lulus di SMK N 1 Tuban dan mendaftarkan diri di Universitas Sunan Bonang  mengambil program studi hukum.

Kepada blokTuban.com ia mengaku sempat kewalahan untuk membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Kendala yang sering ia temui ketika waktu transaksi jual beli mobil berbarengan dengan jadwal kuliah.

Sejauh ini, untuk pemasaran ia memanfaatkan media online dan offline. Untuk pemasaran online ia mengandalkan aplikasi Facebook dengan mempromosikannya lewat sebuah grup Jual - Beli Mobil. Sedangkan untuk pemasaran offline melalui teman yang kerja di lapangan. 

Setiap bulannya ia berhasil menjual 5 sampai 6 unit mobil dengan harga yang berkisar Rp60 - 150 juta. Dengan itu ia mampu mengantongi keuntungan antara Rp6-8 juta.

"Untuk omzet bisa naik turun, tergantung kondisi dan hasil penjualan di lapangan. Tergantung kondisi pasar di lapangan, biasanya laku 5 sampai 6 unit mobil," ujarnya kepada blokTuban.com.

Ditengah kesibukannya menjadi calon mahasiswa. Selain jual beli mobil, ia juga membuka jasa servis mobil. Ia memperbaiki kerusakan serta membeli spare part mobil. [Uci/Dwi]

*Penulis adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIROW Tuban yang magang di blokTuban.com