13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Perempuan Tuban Ini Sukses Merintis Bisnis Coklat Karakter Lucu, Tak Disangka Awalnya Begini

bloktuban.com | Sunday, 29 May 2022 15:00

Perempuan Tuban Ini Sukses Merintis Bisnis Coklat Karakter Lucu, Tak Disangka Awalnya Begini Vivin Retno Warlinda (33) terinspirasi mendirikan Viel De Choco sejak lima tahun lalu. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Inspirasi dalam mendirikan sebuah usaha rupanya bisa datang dari manapun, termasuk saat sedang memilihkan kado untuk orang tersayang. Hal itulah yang membuat Vivin Retno Warlinda (33) terinspirasi mendirikan Viel De Choco sejak lima tahun lalu. 

Usaha rumahan Viel De Choco milik Vivin ini merupakan usaha coklat dengan berbagai bentuk karakter-karakter yang lucu dan unik. Selain bentuknya yang menarik, coklat sendiri adalah makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, jika banyak masyarakat yang membelinya sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa sayang. 

“Mulai usaha sejak 2017, awalnya karena beli coklat buat kado terus kepikiran kenapa nggak nyoba buat sendiri. Terus cari-cari info tutorial buat coklat, Alhamdulillah bisa jadi usaha,” ungkap Vivin, Owner Viel De Choco kepada blokTuban.com, Minggu (29/5/2022). 

Berawal dari tekat kerasnya untuk belajar itulah, kini usaha coklat karakter miliknya mulai dikenal oleh masyarakat Kabupaten Tuban, kendati ia juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk belajar. 

Dikatakannya jika selama proses tersebut, ia sempat mengalami trial and eror puluhan kali selama satu bulanan. Namun, berkat keuletan dan kegigihannya itu ia berhasil menemukan resep serta formula yang pas untuk usaha rumahannya ini. 

“Trial and eror pasti ada, sekitar 1 bulanan, untuk karakternya macam-macam mulai dari profesi Guru, Polri, TNI, Dokter, terus sama kartun. Ada juga coklat dadu almon, coklat tempe, dan coklat praline varian buah,” katanya. 

Kendati usaha ini masih jarang ditemui, namun harga yang ditawarkannya pun terbilang cukup ramah di kantong. Menurut Vivin saat ini harga dari coklat karakter buatannya menaksir harga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp150 ribu, tergantung variasi yang diminta oleh pelanggan. 

Selain itu, perempuan yang bertempat tinggal di Jalan Basuki Rahmad, Gang Saroja, Kecamatan/Kabupaten Tuban ini menceritakan keunggulan produk coklatnya yaitu tidak serik di tenggorokan dan tidak dindal dimulut, sehingga bisa dimakan dalam jumlah banyak. 

“Keunggulannya nggak serik, nggak dindal dan juga karena bentuknya yang unik. Untuk barangnya sendiri sistemnya PO, biar coklat selalu fresh,” terangnya. 

Oleh karena itu, lanjutnya bagi para pelanggan yang ingin membeli coklat karakter unik ini diharuskan untuk memesan terlebih dahulu minimal 2 hari sebelumnya. Menurutnya, hal itulah yang menjadi salah satu kendala yang ia hadapi selama ini, karena proses pembuatannya yang memerlukan waktu yang sedikit lama. 

“Banyak sukanya sebenarnya, karena bisa menyalutkan hobi yang menghasilkan. Kalau dukanya kadang konsumen order minta dikirim di hari yang sama, jadi nggak bisa,” paparnya. 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini juga menambahkan jika di hari-hari biasa, dalam satu bulan bisnis coklat karakter miliknya, menghabiskan sekitar 6 kilogram. Sedangkan di event-event besar seperti lebaran ataupun valentine naik hingga 100 persen yaitu 23 kilogram coklat.

Dengan demikian, Vivin berharap jika untuk kedepannya usaha coklat karakter yang dibangunnya dari nol tersebut, bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan omzet dari penjualannya itu. [Sav/Ali]  

Tag : Tuban, bisnis coklat, coklat karakter, karakter lucu, coklat Tuban, perempuan mandiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat