Bisnis Servis KTP dan SIM Setiap Hari Dicari Puluhan Warga Tuban, Tarifnya Murah Meriah

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dua tahun lalu, menjadikan Widodo (40) pia asal Kecamatan Semanding membuka jasa servis dan perlindungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. 

Ia melakukan pekerjaannya di lokasi parkir Polres Tuban dengan bermodalkan anti gores dari mika dan juga alat penekan anti gores. Ternyata usahanya tersebut banyak diburu oleh warga Tuban, karena dirasa dapat memperbaiki dan memberikan perlindungan pada kartu identitas. 

Setiap hari, Widodo membuka jasa servis KTP mulai pukul 10.00 sampai dengan 12.00 Wib. Dengan berbekal meja lipat kecil dan baner bertuliskan jasa memperbaiki KTP, banyak pengunjung yang membutuhkan jasanya. 

Terkait : Puluhan Anak SLB C Autis dan SLB ABD Tuban Kini Punya KTP dan KIA

"Biasanya orang yang datang ke standnya merupakan orang yang baru mendapatkan SIM dan ingin melindungi agar tidak cepat rusak dan dalam jangka waktu tersebut. Rata-rata ada 20-25 pelanggan yang datang," ujar Widodo kepada blokTuban.com Rabu (29/06/2022).

Widodo menambahkan, ide bisnisnya tersebut berawal dari temannya yang kemudian mengajarinya memasang anti gores. Cukup dengan membayar Rp5.000, KTP ataupun SIM akan aman dan terlihat seperti baru kembali. 

Terkait : Warung Kopi di Tuban Sediakan Minuman Beralkohol di Atas 5 Persen, KTP Pemilik dan 9 Botol Anggur Disita

Salah satu pelanggan Widodo yaitu Ahmad (50). Ia menggunakan jasa servis KTP Elektronik karena ingin kartu identitasnya lebih terlindungi dan tidak mudah rusak.

"Anti gores ini, KTP akan lebih aman dari pada dilaminating karena nanti KTP bisa mengembun dan air yang ada di dalam KTP dapat merusak tulisannya," jelasnya. [Nur/Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.