Desa Sendang Tuban Dicanangkan Jadi Kampung Anggur, 3 Jenis Anggur Ini Mudah Dikembangkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Senori me-launching program tanam anggur di Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (17/08/2022). Tanaman anggur yang dicanangkan di Desa Sendang sebagai kampung anggur akan ditanam di pekarangan. 

Seorang penangkar anggur asal Kecamatan Senori, Tuban, Muhib menjelaskan bahwa terdapat 3 jenis atau varian tanaman anggur yang bisa dikembangkan. Yakni jenis rooftop/batang bawah, jenis wine konsumsi, dan ninel. Sehingga, petani atau penangkar anggur harus bisa memilah - memilih jenis varian akan dikembangkan di daerah tropis yang identik dengan lembab. 

Terkait : Desa Sidoharjo Penghasil Migas di Tuban Jadi Kampung Pancasila

"Tanaman anggur bokasi media tanam di daerah cuaca tropis yang identik kelembaban tinggi, otomatis penyakit dan jamur sering menyerang tanaman," jelas Muhib 

Untuk itu, Muhib memaparkan dengan letak geografis wilayah Senori pada umumnya lembab. Dia merekomendasikan kelompok KTNA Senori untuk tanam bibit anggur jenis Akademik, Everest maupun Julian yang adaptif di semua daerah. 

Dengan begitu, di masa delapan bulan sampai satu tahun, pohon anggur sudah mulai produksi yang diyakini akan menambah nilai ekonomis bagi penangkar.

Terkait : Tiga Daerah Jadi Pasar Tembakau Tuban

Sedangkan Ketua KTNA Senori Tamamurrohim menargetkan, kurang lebih 135 organisasi/kelembagaan petani mencakup kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) menanam 5 batang pohon anggur.

"Sehingga akan tertanam 5 x135  sejumlah 700 batang pohon anggur. Hadirnya Mas Bupati dengan jiwa gelora muda tentu akan menambah semangat petani muda di Senori," ungkapnya. 

Dalam pencanangan tersebut, turut dihadiri Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Pimpinan DPRD Tuban, Sekda, Staf ahli sekaligus Plt Kadispendik, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Tuban, Forkopimcam Senori, anggota dan pengurus KTNA Tuban, Poktan, Gapoktan, Kelompok Wanita Tani. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS