4 Titik Lokasi Pasar Baru Tuban yang Direvitalisasi Habiskan Rp 3 Milyar

 Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) kini melakukan pembenahan di sebagian tempat berjualan para pedagang yang berada di kawasan Pasar Baru Tuban/ Pasar Besar Tuban, Kecamatan Semanding. 

Revitalisasi ini sendiri dilakukan dibeberapa titik area berjualan, seperti tempat penjualan daging dan ayam yang berada di bagian pojok belakang pasar tersebut, sehingga nantinya para pedagang daging sapi atau ayam akan dijadikan satu. 

Terkait: Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama

Selain merombak lapak daging, pembenahan lain juga dilakukan di tempat penjualan grabah yang berada di sebelah barat pasar, serta melakukan pembongkaran di 38 lapak penjual ikan segar dan memperbaiki jalan hingga saluran air. 

“Jadi yang ditangani pertama merobohkan di los daging, yang kedua ngerabat sampai got semua dikerjakan namun belum selesai, di tempat grabah dan lapak ikan,” terang Kepala Pasar Baru Tuban, Sukadi kepada blokTuban.com, Sabtu (16/7/2022). 

Terkait: Pasar Tradisional Tuban Sepi, Bupati: Perlu Pembenahan Manajemen

Dalam proses pembenahan ini, lanjutnya membutuhkan dana hingga milyaran rupiah. Dari data yang diperoleh blokTuban.com, proyek revitalisasi tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp3.429.171.549,00 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Tuban tahun 2022. 

Menurutnya, proses pembenahan yang dimulai sejak 18 Mei 2022 lalu ini ditargetnya selesai selama 4.5 bulan dengan dikerjakan oleh pemenang tender proyek di pasar baru Tuban yaitu CV Buton Raya. 

Terkait: Rugi Rp700 Juta, Pedagang Pasar Baru Tuban Jadi Korban Investasi Bodong Klinik Skincare

“Sudah dikerjakan hampir memakan waktu satu bulan nanti ditender nya itu dikerjakan kurang lebihnya 4.5 bulan harus sudah jadi. Namun perjalanan satu bulan ini kira-kira baru dapat 23 persen,” jelasnya. 

Lebih lanjut, sambil menunggu proses revitalisasi Pasar Baru ini selesai maka untuk sementara waktu sejumlah pedagang daging yang ada di pasar tersebut dipindahkan. Yang mana, saat ini dipindahkan di sekitar area parkir motor yang berada di bagian dalam pasar tradisional itu. 

Sementara Kepala DKUKMP Kabupaten Tuban saat hendak ditemui untuk mengkonfirmasi hal tersebut tidak berada di tempat dengan alasan sedang rapat. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS