Dua Bulan Sudah Panen, Petani Bawang Merah di Tuban Bagikan Trik Menanam Bawang Merah di Rumah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga kebutuhan pokok di pasaran akhir-akhir ini melonjak tajam. Selain komoditas cabai, lonjakan harga juga dialami oleh bawang merah bahkan mencapai Rp70 ribu per kilogram.

Hal ini tentu membuat masyarakat geleng-geleng kepala, pasalnya harga tersebut sangat signifikan jika dibanding dengan harga normalnya yaitu Rp20 hingga Rp25 ribu per kilogram. Tak heran, jika saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk mengurangi jumlah pembeliannya.

Itulah sebabnya, menanam sendiri di halaman rumah bisa jadi solusi ibu rumah tangga dalam menghadapi permasalahan tersebut. Bawang merah sendiri merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam di rumah. Sebab, selain ditanam langsung ke permukaan tanah, bawang merah juga bisa ditanam di polybag.

Terkait : Cabai dan bawang di Tuban Kompak Turun Harga hingga Rp10 Ribu per Kilogramnya

Salah seorang petani cabai sekaligus bawang, Muzayyanah membeberkan tips atau cara untuk menanam bawang merah. Menurutya, dalam proses menanam bawang merah sebaiknya menggunakan bawang yang sudah lama yaitu kurang lebih 2-3 bulan.

“Biasanya kalau saya selama ini, setelah panen pasti saya sisakan sebagian untuk menjadi bibit. Tujuannya agar tidak mengeluarkan biaya bibit lagi karena biasanya bibitnysa lebih mahal,” terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (16/7/2022). 

Sebelum melakukan penanaman, lanjutnya, maka terlebih dahulu bawang merah dipotong menjadi dua bagian. Dalam hal ini lakukan pemotongan menjadi sepertiga bagian yaitu dengan menyingkirkan bagian atas bawang dan menggunakan bagian bawahnya.

Terkait : Ikan Segar di Tuban Naik, bawang Merah dan Putih Turun

Hal tersebut, bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dari bawang merah itu sendiri. Setelah itu, barulah tanam bawang ke dalam media tanam, baik dalam polybag ataupun langsung ke permukaan tanah.

“Setelah itu diamkan dulu selama satu mingguan, kalau sudah mulai tumbuh baru siram pakai air setiap hari tapi jangan banyak-banyak dan pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari,” katanya.

Selanjutnya, setelah tanaman berusia dua mingguaan barulah bawang merah disirami pupuk dan juga kompos. Dalam hal ini, sebaiknya pemupukan dilakukan secara berulang seperti pada saat berusia 30 dan juga 45 hari.

Terkait : Harga Daging Sapi dan Ayam di Tuban Turun, bawang Merah Masih Rp70.000/Kg

Barulan setelah tanaman berusia sekitar 3 bulan atau 62 hari bawang merah sudah bisa dipetik dan dinikmati hasilnya.

“Gulma juga jangan lupa dibersihkan karena bisa berpengaruh dengan kualitas. Besar kecilnya juga bisa berpengaruh karena pupuk yang diberikan bisa habis diserap tanaman lain,” imbuhnya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS