4 Tips Menyimpan Daging Kurban yang Aman

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari raya kurban atau Idul Adha yang pada minggu kedua bulan Juli 2022 ini dirayakan umat muslim identik dengan penyembelihan hewan kurban. Nah lantas selain dikonsumsi langsung, berikut ini tips jika kalian ingin meyimpan daging kurban agar aman.

Terkait: Lapas Tuban Terima 3 Hewan Kurban, Menu Olahan daging Favorit Napi: Ada Garam Asem hingga Mangut

 

Dikutip dari Agroinovasi Balitbang Kementerian Pertanian, menyebut adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belakangan ini patut diwaspadai. Kendati tidak membahayakan manusia, tetap harus waspada.

Terkait: Harga daging Sapi dan Ayam di Tuban Turun, Bawang Merah Masih Rp70.000/Kg

 

"Adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang hari raya kurban tentu dapat menimbulkan kekhawatiran. Meski tidak menular pada manusia, sebaiknya SobatIno tetap waspada dalam menyimpan dan mengolah daging kurban untuk mencegah penyebaran virus ke lingkungan," tulis keterangna akun instagram Agroinovasi Balitbang Kementan yang dikutip, Sabtu (9/7/2022).

 

Berikut tips menyimpan daging yang aman di masa wabah PMK:

Terkait: Sebelum Disembelih Hewan Kurban Harus Punya Surat Sehat, Urusnya di Dinas Peternakan Tuban

1. Jangan mencuci daging/ jeroan. Tapi rebuslah selama 30 menit dalam air mendidih sebelum diolah.

2. Jika belum sempat memasaknya, daging disimpan dalam plastik bersih dan rapat. Kemudian simpan dalam chiller atau pendingin selama 24 jam sebelum dipindah ke freezer.

3. wadah, telenan dan pisau yang digunakan untuk menangani daging/ jeroan sebaiknya dicuci dengan air hangat atau cuka dapr.

4. Rendam plastik kemasan dagingndengna detergent, pemutih atau cuka dapur sebelum dibuang.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS