Lapas Tuban Terima 3 Hewan Kurban, Menu Olahan Daging Favorit Napi: Ada Garam Asem hingga Mangut

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sampai 8 Juli 2022, Lapas Kelas IIB Tuban dalam momen Idul Adha 1443 H memperoleh tiga hewan kurban, yaitu dua ekor sapi, dan seekor kambing yang rencananya akan disembelih setelah pelaksanaan salat Idul Adha. 

Seperti tahun sebelumnya, hewan kurban tersebut akan disembelih langsung oleh Napi yang sudah mahir dalam penyembelihan. Setelah itu, dagingnya langsung dibagi dalam porsi kecil kemudian didistribusikan ke Napi, karyawan dan masyarakat sekitar Lapas.

Setidaknya ada tiga menu favorit Napi dalam mengolah daging kurban. Pada Idul Adha tahun 2021 lalu, garang asem, mangut, dan sate menjadi santapan lezat bagi napi dan karyawan Lapas. 

Terkait : Ini Syarat Dapat Berkunjung Tatap Muka di lapas Tuban Usai Idul Adha

Pada tahun ini, Lapas kembali menerima hewan kurban dari anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto dan ketiga kalinya wakil rakyat itu memberikan hewan kurban di Lapas sejak 2020 lalu. 

Kalapas Tuban, Siswarno mengapresiasi perhatian anggota DPR RI kelahiran Bojonegoro ini. Dikatakan bahwa sapi kurban ini nantinya akan dikonsumsi bersama keluarga lapas maupun lingkungan sosial terdekat, termasuk pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Terkait : Hebat!.. Dapur lapas Tuban Kini Berstandar Kementrian Kesehatan

Pada siang harinya Lapas Tuban juga menerima kembali seekor sapi dari Bupati Tuban, Aditya Halindra. Penyerahan sapi tersebut bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.

Hewan kurban tersebut diterima langsung oleh Kalapas Tuban, Siswarno didampingi oleh Pujiono selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja.

"Kami dari Lapas Tuban siap membantu untuk menyalurkan apa yang telah diberikan oleh Bupati Tuban kepada mereka yang membutuhkan. Semoga sinergitas antara Pemda Tuban dan Lapas bisa terus terjalin dengan baik dan berkelanjutan," jelas Siswarno.

Terkait : Dilatih BLK, 60 WBP lapas Tuban Ini Bakal Punya Sertifikat Keahlian

Hewan kurban tersebut diserahkan sebagai makna perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

"Kami atas nama pribadi, pimpinan dan atas nama institusi kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dari Bapak Wihadi Wiyanto dan Mas Bupati Aditya Halindra," tegas Kalapas Tuban. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS