Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1443 H, lapak penjualan hewan kurban dadakan mulai menjamur di Kabupaten Tuban. Salah satunya terlihat di Kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan/Kabupeten Tuban, tepatnya disamping Alfamart desa setempat.

Jenis hewan yang paling banyak diburu oleh masyarakat pada tahun ini ialah Jenis domba lokal yang memiliki tanduk. Harga hewan kurban yang dijual di lokasi tersebut bervariasi. 

Terkait : Harga Kambing kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim

Mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp7 juta untuk kambing. Sedangkan hewan kurban domba dijual Agus Riyadi pemilik lapak hewan kurban dengan harga kisaran Rp.2,5 juta sampai Rp4,5 juta sesuai dengan jenis dan ukuran dari hewannya. 

“Harganya yang kambing sekitar Rp7 juta, ini merino Rp5,5 juta, kalau gibas biasa Rp4 juta atau Rp3 jutaan, harganya masih normal,” ujar Agus ditemui oleh blokTuban.com dilapak dagangannya, Rabu (6/7/2022). 

Terkait : Masyarakat Tuban Wajib Tahu! Begini Cara Memasak Daging kurban di Tengah Wabah PMK

Lapak hewan kurban dadakan yang ditempati Agus, sebelumnya adalah lahan kosong yang dimiliki oleh warga setempat. Agus bersama tiga orang rekannya kemudian mencoba peruntungan dengan harapan kambing dagangannya habis diborong oleh pembeli. 

“Sudah sejak hari Sabtu kemarin jualan disini, jadi bermukim disini tiap malam terus ada saudara juga dekat sini. Ini jual kambing, domba sama merino,” terangnya. 

Terkait : Ini Ketentuan Berkurban pada Idul Adha 10 Dzulhijjah

Menurut pria asal Balen, Bojonegoro tersebut, ini merupakan kali pertama ia membuka lapak dadakan di Tuban. Sebagai peternak kambing selama empat tahun, mengaku menjual kambing dan dombanya di rumahnya saja.  

"Semoga dengan buka lapak disini dagangnya semakin laris dan cepat habis, supaya bisa ambil lagi di rumah," tutupnya. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS