11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Idul Adha 2022

Utamakan Beli di Peternak Lokal, Kabid Keswan Tuban: Ternak Luar Daerah Potensi Bawa Virus!

bloktuban.com | Thursday, 30 June 2022 19:00

Utamakan Beli di Peternak Lokal, Kabid Keswan Tuban:  Ternak Luar Daerah Potensi Bawa Virus! Kabid Keswan Tuban imbau masyarakat agar beli hewan kurban di peternak lokal. (dok/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Seiring dengan semakin meluasnya kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan berkuku belah di Kabupaten Tuban. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban meminta masyarakat untuk membeli hewan kurban di peternak milik warga sekitar dan tidak didatangkan dari luar daerah. 

 

Pasalnya, hewan ternak yang didapatkan dari luar daerah memiliki potensi besar membawa virus yang dapat menular pada hewan-hewan ternak lainnya. sebab, virus yang menyebabkan wabah penyakit ini dapat menular melalui airborne dan penularannya sangat cepat bahkan hingga radius 10 KM. 

Berita terkait: Vaksinasi PMK Dosis Pertama di Desa Kembangbilo Tuban, Sasarannya Anak Sapi karena Rawan Mati

 

“Kalau kita beli ya langsung ke peternaknya, banyak itu. Kita berharap bahwa saat ini transaksi jual beli itu dilakukan langsung ke peternaknya. Seperti Idul Adha ini saatnya kita melakukan jual beli ya hanya di Kabupaten Tuban saja,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pipin Diah Larasati kepada blokTuban.com, Kamis (30/6/2022). 

 

Selain itu, Pipin sapaan akrabnya juga berpesan kepada masyarakat saat hendak menyembelih hewan kurban, untuk mendahulukan hewan sapi maupun kambing yang masih dalam keadaan sehat terlebih dahulu. Sedangkan hewan yang memiliki gejala-gejala seperti lemas, maka dipotong trakhir, karena khawatir hewan yang sehat bisa tertular jika tidak segera disembelih.  

Berita terkait: Hari Ini, 600 Ekor Sapi Sehat di Tuban Divaksin PMK, Bagaimana Sapi yang Sakit?

 

“Itu juga bagian-bagian misalnya kaya kepala, jerohan, tulang dan sebagainya itu tolong direbus saja sama panitia, yang dibagikan itu hanya dagingnya saja,” katanya.

 

Kendati Pemerintah menyarankan masyarakat untuk tidak membeli hewan kurban di luar Kabupaten Tuban, namuan peternak tetap diperbolehkan untuk mengeluarkan atau menjual hewan ternaknya ke luar daerah dengan beberapa persyaratan. Seperti kelengkapan surat keterangan sehat dari instansi kesehatan hewan terkait. [Sav/Dwi]

 

Nikmati konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : ternak lokal, PMK, sapi sehat, vaksin sapi, idul adha, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat