Hari Ini, 600 Ekor Sapi Sehat di Tuban Divaksin PMK, Bagaimana Sapi yang Sakit?

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tuban akan dimulai Rabu (29/6/2022) pagi. Tahap 1 ini, ada 600 dosis yang akan didistribusikan ke enam desa di enam kecamatan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. 

Titik vaksinasi tahap 1 ini meliputi, Dusun Lidan, Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban, Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Dusun Mojo Lor, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Dusun Gurdo, Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Desa kedungjambe, Kecamatan Singgahan, dan terakhir Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko. 

Terkait : Selama Mei-Juni, Pemkab Tuban Catat 10 Sapi Mati Terjangkit PMK dari Total 4.953 Kasus

Seremonial acara dipusatkan di Balai Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban melalui apel yang akan dimulai pukul 08.00 Wib. Apel tersebut rencananya dihadiri Asisten Perekonomian Pembangunan, Kadis DKPPP Tuban, dan Pusvetma. 

Sekedar diketahui, Kementerian Pertanian secara bertahap, mengalokasikan vaksin PMK tahap 1 untuk Kabupaten Tuban sebanyak 3100 dosis (3000 ekor). Pembagian vaksin dilakukan Pemkab Tuban di lokasi yang paling sedikit terjangkit PMK, dan syarat ternak yang boleh divaksin hanya hewan yang sehat saja.

Terkait : Pemkab Tuban Larang Makan Kepala, Tulang dan Organ Dalam Hewan Kurban

"Untuk ternak lainnya akan diikutkan pada tahap dua, setelah dinyatakan sembuh tiga bulan baru bisa divaksin," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan Kabupaten Tuban, Drh. Pipin Diah Larasati dalam keterangannya yang diterima blokTuban.com.

Selama bulan Mei-Juni 2022, Pemerintah Kabupaten Tuban hanya mencatat 10 ekor sapi mati yang terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari total 4.953 kasus. Data tersebut dilaporkan di 19 kecamatan, kecuali Kecamatan Tuban. 

Terkait : Hari Raya Kurban Kurang 11 Hari, Pemkab Tuban Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Berdasarkan data yang diupdate Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan Kabupaten Tuban per 28 Juni 2022, jumlah sapi yang sakit masih tinggi sebanyak 3.991 ekor, dan yang sembuh baru 1552 ekor. [Ali]

Terkait : 3.100 Dosis Vaksin PMK Tiba di Tuban, 6 Kecamatan Ini Jadi Prioritas Pertama

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.