22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hore!...Dana BTT Penanganan PMK di Tuban Sebentar Lagi Cair

bloktuban.com | Tuesday, 21 June 2022 07:00

Hore!...Dana BTT Penanganan PMK di Tuban Sebentar Lagi Cair Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky akan mencairkan bantuan BTT untuk PMK. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akhirnya akan menganggarkan dana Belanja Tidak terduga (BTT) di Perubahan keempat APBD 2022 untuk menangani penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang belum terkendali, Selasa (21/6/2022). 

Alasan BTT baru akan dicairkan, karena Pemkab menunggu petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah suratnya turun pada 9 Juni 2022 lalu, BTT dapat dicairkan melalui P-APBD. 

Meskipun Pemkab telah menerjunkan dokter hewan ke semua kecamatan untuk menangani penyebaran PMK, namun fakta di lapangan peternak atau petani yang sapinya terpapar butuh lebih dari itu. Mereka saat ini membutuhkan bantuan dana perawatan, hingga kejelasan vaksin PMK. 

Baca Juga : Cegah Suspek PMK Meluas, Pemerintah Siapkan 810.000 Dosis Vaksin

Bupati Tuban, Aditya Halindra saat diwawancarai di ruang paripurna DPRD, mengatakan meskipun PMK meningkat hingga 3.446 kasus per Sabtu (18/6), upaya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPP) Tuban menurutnya sudah bagus. 

Seperti sosialisasi sebelum PMK masuk, menyediakan dokter hewan di setiap wilayah kecamatan untuk meminimalkan penyeberan dan seterusnya, hingga diskusi langsung dengan peternak sapi. 

"Kita juga sempat berdiskusi dengan teman-teman peternak untuk pembukaan pasar. Karena kasusnya terus naik, maka disepakati pasar ditutup sementara untuk meminimalisir penyebaran PMK lebih luas," ujar Lindra kepada blokTuban.com. 

Baca Juga : PMK Terus Meluas di Tuban, Kabid Keswan: Tidak Ada Obatnya

Sebelumnya, Pemkab Tuban melalui DKPP juga secara masih telah menyemprotkan desinfektan dan akan lebih dimasifkan untuk pencegahan di lapangan. Menjelang Hari raya Idul Adha, Bupati masih akan mengkaji akan kebutuhan daging dan hewan kurban nantinya. 

Data DKPP Tuban menyebutkan, PMK di Kabupaten Tuban per Sabtu (18/6) telah mencapai 3.446 kasus. Rincian hewan ternak yang masih dalam kondisi sakit ada 2.769 ekor, mati 9 ekor, dan sembuh 668 ekor.

Baca Juga : Ketersediaan Hewan Kurban di Tuban Aman, Peternak Kambing: Cuma Harganya Turun

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Tuban, Pipin Diah Larasati menyebutkan, pertama kali PMK masuk di Tuban pada 20 Mei 2022. Puluhan sapi milik warga Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek setelah di uji sampel menunjukkan hasil tertular PMK. 

Penanganan yang bisa dilakukan bagi hewan terpapar PMK adalah dengan meningkatkan imun, memberikan obat flu (parasetamol), mengobati luka pada mulut dan kuku, membersihkan lingkungan kandang, melakukan penyemprotan disinfektan, dan mengisolasi dari hewan yang sehat. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.

Tag : Dana BTT Cair, Bantuan PMK Tuban PAPBD 2022, Bupati Tuban, Bupati Lindra, PMK Tuban meluas, Hewan Kurban, Idul Adha, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat