09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Imbas Penutupan Pasar Hewan di Tuban Akibat PMK, Pedagang Kambing Kelimpungan

bloktuban.com | Friday, 10 June 2022 21:00

Imbas Penutupan Pasar Hewan di Tuban Akibat PMK, Pedagang Kambing Kelimpungan Penampakan pasar kambing di Tuban ditutup akibat wabah PMK. (Foto: Sav/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMP),  menutup pasar kambing yang berada di kawasan Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Kamis (9/6/2022) kemarin. 

Penutupan pasar kambing itu dilakukan karena imbas dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang semakin meluas di wiliayah Kabupaten Tuban. Akibatnya, sejumlah pedagang kambing mengaku kelimpungan dan kecewa dengan adanya penutupan pasar tersebut. 

Baca juga: Menjemur Sapi Cara Shirandra Farm Tuban Cegah Penularan PMK

Menurut salah seorang penjual kambing, Muis jika penutupan ini sendiri dipicu lantaran ada hewan kambing dikawasan tersebut yang terpapar PMK. Namun, dikatakannya jika hewan tersebut bukanlah milik penduduk lokal Tuban. 

“Kemarin itu ada yang dari jauh itu, kan bawa kambing kesini terus kambing nya itu agak pilek. Itu terus dikaitkan sama PMK itu. Kalau pedagang lokal sini insyaallah aman-aman saja, ” katanya saat ditemui di lokasi, Jumat (10/6/2022). 

Baca juga: Pasar Kambing Ditutup, Ketua Paguyuban Tuban : Ini Masalah Perut Kalau Ada Pedagang yang Jualan

Adanya penutupan pasar kambing ini, lanjut Muis sangat berpengaruh besar terhadap kehidupannya. Sebab menjual kambing merupakan pekerjaannya sejak lama, sehingga dengan adanya penutupan ini secara otomatis ia kehilangan mata pencahariannya untuk sementara waktu ini. 

“Pengaruhnya  sangat besar, sekarang orang mau kerja dimana, nasib pedagang ini gimana. Kalau seperti ini kita harus kerja apa, karena kerja disitu, cari makan juga disitu buat anak-anak kita,” keluhnya. 

Baca juga: 684 Terinfeksi PMK, 6 Ekor Mati, Pemkab Tuban Tutup Pasar Hewan

Sementara pedagang lain, Darko (48) juga mengaku hal yang sama bahwa penutupan pasar kambing ini sangat berpengaruh besar terhadapnya, karena kebutuhan hidupnya selama ini digantungkan di tempat ini. 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Oleh karena itu, ia berharap jika Pemkab Tuban segera memberikan solusi terhadap permasalahan ini, serta segera membuka kembali pasar kambing tersebut, sehingga ia dan puluhan pedagang lainnya bisa berjualan kembali. Mengingat, Hari Raya Idul Adha juga sudah semakin dekat. 

“Kalau harapan pedagang ya inginnya dibuka lagi, maksudnya penutupannya ini jangan lama-lama. Terus dicek juga kambingnya dari lokal Tuban itu gimana, karena selama ini itu nggak ada kok langsung ditutup. Minta solusinya ini gimana,” tutupnya. [Sav/Dwi]

Tag : PMK, pasar hewab ditutup, kambing, Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat