Imbas Penutupan Pasar Hewan di Tuban Akibat PMK, Pedagang Kambing Kelimpungan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMP),  menutup pasar kambing yang berada di kawasan Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Kamis (9/6/2022) kemarin. 

Penutupan pasar kambing itu dilakukan karena imbas dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang semakin meluas di wiliayah Kabupaten Tuban. Akibatnya, sejumlah pedagang kambing mengaku kelimpungan dan kecewa dengan adanya penutupan pasar tersebut. 

Baca juga: Menjemur Sapi Cara Shirandra Farm Tuban Cegah Penularan PMK

Menurut salah seorang penjual kambing, Muis jika penutupan ini sendiri dipicu lantaran ada hewan kambing dikawasan tersebut yang terpapar PMK. Namun, dikatakannya jika hewan tersebut bukanlah milik penduduk lokal Tuban. 

“Kemarin itu ada yang dari jauh itu, kan bawa kambing kesini terus kambing nya itu agak pilek. Itu terus dikaitkan sama PMK itu. Kalau pedagang lokal sini insyaallah aman-aman saja, ” katanya saat ditemui di lokasi, Jumat (10/6/2022). 

Baca juga: Pasar Kambing Ditutup, Ketua Paguyuban Tuban : Ini Masalah Perut Kalau Ada Pedagang yang Jualan

Adanya penutupan pasar kambing ini, lanjut Muis sangat berpengaruh besar terhadap kehidupannya. Sebab menjual kambing merupakan pekerjaannya sejak lama, sehingga dengan adanya penutupan ini secara otomatis ia kehilangan mata pencahariannya untuk sementara waktu ini. 

“Pengaruhnya  sangat besar, sekarang orang mau kerja dimana, nasib pedagang ini gimana. Kalau seperti ini kita harus kerja apa, karena kerja disitu, cari makan juga disitu buat anak-anak kita,” keluhnya. 

Baca juga: 684 Terinfeksi PMK, 6 Ekor Mati, Pemkab Tuban Tutup Pasar Hewan

Sementara pedagang lain, Darko (48) juga mengaku hal yang sama bahwa penutupan pasar kambing ini sangat berpengaruh besar terhadapnya, karena kebutuhan hidupnya selama ini digantungkan di tempat ini. 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Oleh karena itu, ia berharap jika Pemkab Tuban segera memberikan solusi terhadap permasalahan ini, serta segera membuka kembali pasar kambing tersebut, sehingga ia dan puluhan pedagang lainnya bisa berjualan kembali. Mengingat, Hari Raya Idul Adha juga sudah semakin dekat. 

“Kalau harapan pedagang ya inginnya dibuka lagi, maksudnya penutupannya ini jangan lama-lama. Terus dicek juga kambingnya dari lokal Tuban itu gimana, karena selama ini itu nggak ada kok langsung ditutup. Minta solusinya ini gimana,” tutupnya. [Sav/Dwi]