11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Menjemur Sapi Cara Shirandra Farm Tuban Cegah Penularan PMK

bloktuban.com | Saturday, 28 May 2022 13:00

Menjemur Sapi Cara Shirandra Farm Tuban Cegah Penularan PMK Sapi-sapi di peternakan Desa Penidon, Kecamatan Plumpang rutin dijemur. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Akhir-akhir ini Penyakit Mulut dan kuku (PMK) pada hewan sudah mulai menyebar luas di Jawa Timur. Seperti di Kabupaten Tuban sudah di temukan 180 ekor sapi yang terjangkit PMK. 

Untuk menghindari wabah tersebut, para peternak melakukan berbagai cara agar hewan ternaknya tetap sehat dan tidak sampai mati. Upaya itu dilakukan peternakan Shirandra Farm (Komplek Sapi) Tuban. 

Di peternakan tersebut terdapat beberapa pencegahan agar sapi-sapi tetap sehat. Komplek sapi yang berlokasi di Jalan Raya Tuban Babat KM 16 tepatnya di Rt 1 Rw3 Dusun Pakis, Desa Penidon, Kecamatan Plumpang, dulunya adalah tempat prostitusi dan tepat di tahun 2020 dibangun sebagai kawasan peternakan.

Suwarni pemilik peternakan menjelaskan, bahwa di Shirandra Farm setiap harinya ada dokter khusus yang bekerja untuk mengecek kesehatan sapi. Sehingga, ketika ada satu ekor sapi yang menunjukkan gejala penyakit PMK, maka akan segera diditangani. 

Baca berita terkait : 292 Ekor Sapi di Tuban Terpapar Wabah PMK, 4 diantaranya Mati

"Kami juga rutin menyemprotkan disinfektan di kandang sapi, serta menjemur sapi supaya badannya hangat," ujar Suwarni kepada blokTuban.com, Sabtu (28/05/2022).

Menurutnya, penjemuran sangat efektif untuk menjaga sapi tetap sehat. Cara tersebut telah dibuktikan untuk mempercepat kesembuhan sapi ketika sakit, sebelum penyakit PMK mewabah seperti saat ini. 

Ketika tubuh sapi terpapar sinar matahari secara langsung, maka kekebalannya meningkat. Di samping itu, sapi harus tetap diberi vitamin dan kalsium untuk terhindar dari virus. 

Adanya penyakit PMK belakangan ini, Suwarni merasakan betul dampaknya khususnya dalam hal jual beli sapi. Saat ini untuk mejual ataupun membeli sapi cukup sulit, dan tidak semudah hari-hari normal. 

Pihaknya juga untuk membeli sapi cukup khawatir dengan kondisi sapi. Begitupula ketika menjual, pertaruhan nama baik peternakan terancam ketika sapi yang keluar tiba-tiba sakit terus mati. 

Berita terkait lainnya : Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil

"kKnsentrasi saat ini kondisi sapi benar-benar sehat karena ketika membeli takutnya sapi yang sehat akan tertular. Juga asaat kita menjual, bisa jadi sapi yang kita jual sehat tetapi saat dibawa pulang nanti sakit nama dari kompleks sapi akan jelek," jelasnya. 

Suwarni menambahkan, bahwa saat ini di kandangnya ada 27 ekor sapi. Sebelumnya saat normal setiap pasar hewan buka, maka bisa menjual 5 ekor sapi. Setelah mewabahnya PMK, satu ekor sapi tidak bisa dijual. 

Ia berpesan, kepada peternak sapi untuk sering menjemur ternaknya untuk menjaga imun sapi tetap stabil. Selain itu, segera mengarantina sapi setelah membeli sapi dari pasar hewan agar tidak menulari sapi lainnya. 

"Semoga segera ada vaksin dari penyakit PMK ini," harapnya. 

Diberitakan sebelumnya, data sebaran penyakit PMK di Tuban pada Jumat (27/5/2022) ada 292 ekor sapi terpapar, yang mana empat diantaranya mati. Sebaran kasus hewan ternak yang terdeteksi PMK tersebut saat ini telah meluas dan berada di 16 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. 

Mulai Kecamatan Kerek, Jatirogo, Semanding, Plumpang, Soko, Palang, Senori, Tambakboyo, Montong, Bancar, Rengel, Merakurak, Widang, Jenu, Grabagan, dan juga Kenduruan. [Nur/Ali]

Tag : Tuban, peternakan sappi, PMK, wabah PMK, vaksin PMK, Desa Penidon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat