17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

684 Terinfeksi PMK, 6 Ekor Mati, Pemkab Tuban Tutup Pasar Hewan

bloktuban.com | Tuesday, 31 May 2022 16:00

684 Terinfeksi PMK, 6 Ekor Mati, Pemkab Tuban Tutup Pasar Hewan Area depan pasar hewan Tuban. (blokTuban.com)

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kasus baru Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tuban naik drastis mencapai angka 684 dengan jumlah kematian 6 ekor per 31 Mei 2022. 

Pemkab Tuban melalui DKPPP Kabupaten Tuban akan menutup tiga lokasi pasar hewan, yaitu pasar hewan Jatirogo, Kerek dan Tuban. Pengelola Pasar Hewan di minta  menutup operasional Pasar mulai tanggal 1 hingga 14 Juni 2022. 

Kepala Bidang Peternakan DKPPP Kabupaten Tuban Pipin Diah Larasati menyatakan kasus PMK telah meluas dan bertambah. Sehingga penutupan pasar hewan dapat secara efektif mengendalikan dan menanggulangi PMK di Kabupaten Tuban

Data yang dihimpun blokTuban.com menunjukkan dalam sepekan kasus baru PMK di Tuban mengalami trend naik. 

Sebelumnya, (25/5/2022), DKPPP Kabupaten Tuban merilis sebanyak 180 ekor sapi terinfeksi PMK. Kemudian pada Jumat (27/5/2022) lalu, bertambah 112 ekor, sehingga total 292 ekor dan 4 diantaranya mati.

“Dua minggu kita tutup dulu, nanti jika kasus mereda, kemungkinan akan di buka kembali,” kata Pipin.

Diketahui penularan PMK yang terjadi pada hewan berkuku belah ini terjadi dengan cepat. Penularan bisa jadi dari bermacam media. Kendati tidak menular pada manusia, namun manusia dapat menjadi salah satu media tular penyakit yang disebabkan virus genus Apthovirus, famili Picornaviridae.

Pipin menambahkan, penularan vrus PMK mencapai 100 persen. Peternak diimbau mengisolasi ternak yang sakit. Terlebih media yang melibatkan manusia dicurigai menjadi faktor meluasnya kasus PMK di Tuban.

"Masyarakat yang melihat langsung saat tim kesehatan hewan melakukan pemeriksaan menyebabkan virus menempel pada pakaian atau benda lain yang dipegang oleh manusia," tambah Pipin.

Pipin mengimbau agar peternak tidak khawatir berlebih, tetapi lebih rajin membersihkan dan menjaga kandang tetap steril. Yang bisa dilakukan peternak diantaranya menyempotkan disinfektan dan jika memang harus memakai APD ketika merawat hewan ternak yang sakit.

Baca berita terkait: Jika Temukan Gejala PMK Pada Ternak, Hubungi Nomor Ini

Penyebaran virus yang menyebabkan PMK tergolong cepat seiring perpindahan manusia, atau transportasi baik ternak maupun daging, entah melalui droplet, leleran hidung hingga virus yang terbawa angin yang lembab sekitar area kandang yang telah terkontaminasi virus genus Apthovirus.

"Jika petani atau peternak menemui ternak sakit dan gejala mirip PMK, segera lapor ke petugas setempat dan PMK bisa disembhkan asal ditangani dengna tepat dan cepat," pungkasnya. [Dwi]

 

Tag : pasar hewan, utup, Tuban, Kabupaten Tuban, PMK Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat