11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   06:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Antisipasi PMK, Ini yang Dilakukan Peternak Kambing di Tuban

bloktuban.com | Thursday, 02 June 2022 15:00

Antisipasi PMK, Ini yang Dilakukan Peternak Kambing di Tuban Peternak kambing di Kabupaten Tuban mengantisipasi wabah PMK secara mandiri. (Foto: Sav/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternaknya, peternak kambing di Kabupaten Tuban mengambil langkah antissipasi secara mandiri. 

Kendati hingga saat ini masih belum ada binatang kambing yang terserang penyakit ini, namun, peternak menilai jika ada baiknya tetap melakukan pencegahan guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.  

Salah seorang peternak sekaligus pedagang kambing di Pasar Bongkaran, Muis mengatakan jika ada beberapa hal yang dilakukan oleh peternak kambing untuk mengantisipasi PMK, salah satunya dengan memberikan suplemen atau obat kepada binatang. 

“Pencegahanya ya diberi obat, dari dulu sebelum ada PMK sebenarnya juga sudah diobati. Karena kalau kadang nafsu makannya kurang itu pasti diobati, biasanya gitu kalau untuk penggemukan dikasih obat, jadi hari-hari biasa juga pasti dikasih obat,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi pada Kamis (2/6/2022).

Selain pemberian suplemen secara rutin, antisipasi lain yang dilakukan oleh para peternak kambing ialah lebih menjaga kebersihan kandang dan juga diri, agar virus PMK tidak menjangkit hewan, sebab manusia merupakan salah satu mediator bagi virus untuk bermutasi. 

“Menjaga kebersihan itu harus, setiap hari dibersihkan. Sebelumnya, juga sudah dilakukan seperti itu jadi kalau penyakit kayaknya sejauh ini nggak berdampak sama hewan kambing,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPPP Tuban, Pipin Diah Larasati terus mengimbau kepada masyarakat untuk rajin membersihkan dan menjaga kandang agar tetap steril, dengan cara menyemprot disinfektan dan mengenakan APD apabila merawat hewan ternak yang sakit. 

Diketahui sebelumnya, data yang diperoleh blokTuban.com pada (31/5/2022) kemarin kasus temuan PMK pada hewan ternak sapi di Kabupaten Tuban naik menjadi 684 kasus dengan jumlah kematian 6 ekor, sehingga Pemerintah Kabupaten Tuban memutuskan untuk menutup 3 pasar hewan sekaligus, yaitu pasar hewan Jatirogo, Kerek dan juga Tuban. [Sav/Dwi]

Tag : wabah PMK, Tuban, Kambing, Peternak, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat