Imbas PMK, Pedagang Bakso di Tuban Keluhkan Sepi Pembeli

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah seperti sapi, kambing hingga kerbau di Kabupaten Tuban beberapa bulan belakangan ini, rupanya juga berdampak pada pedagang bakso. 

Pasalnya sejak munculnya penyakit ini, masyarakat menjadi enggan untuk membeli bakso yang berbahan utama daging sapi. Salah satu pedagang bakso di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban ini misalnya, ia mengeluhkan jika saat ini usaha milik keluarganya itu sepi pembeli imbas dari wabah PMK.  

Terkait: Harga daging Ayam Tuban Turun, Minyak Curah Rp15.667/liter, Cabai Rawit Nyaris Rp100 Ribu/Kg

“Sejak PMK ini pembelinya sepi, mungkin orang-orang pada takut mau makan daging sapi. Padahal setahu saya penyakit ini nggak bisa menular ke manusia,” terang Nabilla saat dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (24/6/2022). 

Akibat sepi pembeli, lanjutnya, maka perempuan berusia 24 tahun ini terpaksa menutup warung baksonya untuk meminimalisir kerugian. Menurutnya, hal serupa juga dialami oleh pedagang makanan yang menggunakan olahan daging sapi. 

Terkait: Jika Temukan Gejala PMK Pada Ternak, Hubungi Nomor Ini

Selain menutup warung baksonya beberapa hari, ia juga mengurangi stok bakso yang dijualnya karena khawatir jika tidak laku terjual. Pasalnya, sejak adanya wabah ini ia mengaku jika  penjualannya turun sekitar hampir 50 persen. 

“Kemarin sempat nggak jualan dua hari karena sepi, nggak ada yang beli. Kalau sekarang ya ngurangin stok nya aja, kalau penurunan bisa sampai setengah nya kalau bakso rata-rata sekarang pada beli mie pangsit nya,” katanya. 

Terkait: 684 Terinfeksi PMK, 6 Ekor Mati, Pemkab Tuban Tutup pasar hewan

Oleh karena itu, perempuan berhijab ini berharap agar pemerintah bisa segera menemukan solusi terkait penyakit yang telah menyerang ribuan hewan milik masyarakat tersebut, sehingga penjualannya bisa normal kembali seperti sedia kala. 

“Semoga pemerintah bisa segera mengatasi biar jualan saya bisa kembali normal kaya sebelumnya, karena jujur terdampak sekali,” imbuhnya. 

Sekedar diketahui, di warung milik Nabilla ini tidak hanya menyediakan bakso sapi saja, namun juga menyediakan menu lainnya seperti bakmi sapi, mie ayam pangsit dan beberapa menu andalan lainnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS