11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Masyarakat Tuban Wajib Tahu! Begini Cara Memasak Daging Kurban di Tengah Wabah PMK

bloktuban.com | Friday, 01 July 2022 10:00

Masyarakat Tuban Wajib Tahu! Begini Cara Memasak Daging Kurban di Tengah Wabah PMK Sebelum mengolah daging kurban disarankan merebusnya terlebih dulu. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comHari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari, masyarakat di Kabupaten Tuban masih ragu untuk mengkonsumsi daging hewan seperti sapi dan kambing di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). 

Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sudah berulang kali menegaskan jika wabah PMK yang menyerang hewan berkuku belah tersebut, tidak dapat menular kepada manusia, selain itu dagingnya juga aman untuk dikonsumsi, Jumat (1/6/2022). 

Terkait : Ini Ketentuan Berkurban pada idul adha 10 Dzulhijjah

“Beberapa masyarakat ini kan takut mau makan dagingnya (hewan kurban sapi dan kambing), kita sampaikan bahwa penyakit PMK itu tidak menular ke manusia, dagingnya aman untuk dikonsumsi,” terang Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pipim Diah Larasati kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya. 

Kendati demikian, nantinya masyarakat juga harus berhati-hati dalam mengolah daging kurban di tengah mewabahnya PMK ini. Terlebih, tidak ada ciri-ciri khusus hewan tersebut terjangkit PMK atau tidak setelah dipotong, begitupula pada dagingnya. 

Terkait : Transaksi Jual Beli Hewan Kurban Antar Kota Wajib Sertakan Surat Sehat

Oleh karena itu, perlu melakukan pengolahan daging secara baik dan benar yaitu dengan memanaskan air terlebih dahulu. Barulah direbus daging tersebut selama beberapa menit, sebelum daging dicuci dan dimasak menjadi suatu makanan. 

“Bersamaan pengolahan dagingnya itu juga sudah kita sampaikan melalui WA grup. Itu daging kita sediakan air rebusan dulu baru dagingnya di masukkan. Sebenarnya ada atau tidak ada PMK perlakuan daging ya harus seperti itu,” jelasnya. 

Terkait : Utamakan Beli di Peternak Lokal, Kabid Keswan Tuban: Ternak Luar Daerah Potensi Bawa Virus!

Sementara itu, dilansir dari laman bisniscom, Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian (Kementan), Nuryani Zainuddin  menyarankan, jika proses perebusan daging kurban juga sebaiknya dilakukan pada daging yang akan diolah menjadi sate. 

Sebab, penyajian sate selalu menjadi primadona dikalangan masyarakat pada saat momentum Hari Raya Idul Adha. 

“Kalau disate kan tidak dimasak dulu terus air cuciannya juga menyebar. Jadi banyak sekali faktor penyebab (penyebaran PMK). Direbus dulu baru bisa disate,” paparnya. [Sav/Ali] 

Temukan konten Berita Tuban yang menarik lainnya di GOOGLE NEWS.

 

Tag : Idul Adha 2022, masak daging kurban, tips memasak daging, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat