Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebakaran rumah kembali dialami warga di Kabupaten Tuban, Umar Sidik beralamat di Dusun Mbibis RT. 01 RW. 01 Desa Tluwe, Kecamatan Soko, Tuban. Peristiwa yang membumihanguskan 3 unit rumah tersebut terjadi 4 Juli 2022 sekitar pukul 17.45 Wib. 

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan korban kebakaran kepada Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban. Besarnya kobaran api, membuat tim Damkar Tuban juga meminta bantuan dari Kabupaten Bojonegoro karena jaraknya lebih dekat. 

Terkait : Rumah Pengasapan Ikan di Tuban Terbakar, Lokasinya di Kawasan Padat Penduduk

"Tim Satpol PP dan Damkar Tuban segera bergerak cepat menuju lokasi dengan membawa 2 Unit mobil Pemadam Kebakaran ( 1 dari Pos Induk dan 1 dari Pos Jatirogo) menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Kami juga minta bantuan 1 mobil pemadam Bojonegoro," ujar Kasatpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi kepada blokTuban.com, Selasa (5/7/2022). 

Untuk memadamkan api yang terus membesar karena rumah terbuat dari kayu jati, semua pihak turun tangan. Mulai dari anggota Pos Induk Satpol PP dan Pemadam kebakaran Tuban, anggota Pos Rengel Satpol PP dan Pemadam kebakaran Tuban, anggota Pos Jatirogo Satpol PP dan Pemadam kebakaran Tuban, Dinas Damkar Bojonegoro, pemadam Kebakaran Pertamina, BPBD Tuban, Tagana Tuban, Koramil Soko, Polsek Soko, Pemdes setempat, serta warga.

Terkait : Mantan Kades Ngawun Parengan Kehilangan 2 Rumah, 1 toko, dan 4 Kendaraan Akibat kebakaran

Hasil pemantauan petugas, diduga kebakaran hebat tersebut akibat konsleting listrik yang menyambar tempat tidur (Kasur) sehingga menyebabkan api membesar dan membakar rumah. Untuk korban jiwa nihil karena saat kebakaran pemilik rumah langsung bergegas menyelamatkan dir. 

Untuk material yang terbakar, yaitu satu rumah/jati joglo senilai Rp1,3 Milyar, satu rumah jati biasa senilai Rp200 juta, dan satu rumah tembok plus sepedah motor serta peralatan salon dan perabotan rumah lebih kurang Rp300 juta. 

Terkait : Heboh! Wahana Kora-Kora di Pasar Malam Jatirogo Terbakar, Pengunjung Teriak Minta Tolong

"Total kerugian dari insiden kebakaran hampir Rp2 Milyar," imbuh mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban itu. 

Agar kebakaran tidak terulang, Ketua ISSI Tuban itu mengimbau warga untuk memastikan instalansi listrik dalam kondisi baik. Selain itu, menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar dari sumber api atau listrik. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS