Ditinggal Mudik 3 Hari ke Gresik, Rumah Warga Desa Karangagung Tuban Terbakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran kembali terjadi di wilayah Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tepatnya di Dusun Karang Agung Barat RT 11 RW 3 pada Selasa (3/5) sekitar pukul 20.00 Wib. 

Si Jago Merah melahap rumah warga bernama Saliman. Informasi dari lapangan, pemilik rumah sudah tiga hari meninggalkan rumahnya untuk mudik ke wilayah Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik

Khawatir api merembet ke rumah warga yang lain, akhirnya seorang nelayan Karangagung, Sumarto yang merupakan tetangga korban mencari nomor pemadam kebakaran di sosial media. Setelah ketemu, akhirnya nelayan itu meminta bantuan petugas untuk memadamkan api. 

"Sekitar pukul 20.25 Wib kami petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban menerima laporan dari Sumarto anggota LPMD Karangagung adanya kebakaran di wilayah Tuban yang berbatasan dengan Lamongan itu," ujar Kepala Bidang Damkar Tuban, Sutaji kepada blokTuban.com, Rabu (4/5/2022). 

Hasil investarisir petugas Damkar di lokasi kejadian, lanjut Sutaji bahwa kebakaran dipicu adanya arus pendek listrik sehingga memicu api dan menghanguskan rumah beserta isinya.

Bergerak ke lokasi kejadian, petugas Satpol PP dan Damkar membawa dua unit mobil pemadam dan berhasil menjinakkan api sekitar pukul 21.25 Wib, serta ditutup dengan pembasahan. 

"Untuk kerugian yang dialami korban pemilik rumah sekitat Rp20 juta," imbuh mantan Camat Bancar itu. 

Sutaji yang sebelumnya bertugas sebagai Sekcam Singgahan, menghimbau kepada warga Tuban untuk meningkatkan kewaspadaannya ketika hendak meninggalkan rumah. Diantaranya yaitu memastikan semua stop kontak tercabut, dan tabung gas terlepas dari regulatornya. 

"Kalau memang kabel listrik di rumah sudah aus mohon segera diganti, supaya tidak memicu terjadi konsleting," pesan pria yang hobi olahraga ini. [Ali]