Kebakaran Oven Gabah di Sumurcinde, Pemilik Merugi Rp115 Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebakaran oven gabah di Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban pada Rabu (9/3) malam menyebabkan pemiliknya merugi ratusan juta rupiah.

Diduga insiden kebakaran itu, akibat dinamo mesin oven meledak sehingga memicu percikan api dan menghanguskan seluruh bangunan.

Kebakaran tersebut langsung dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran di Tuban. Tiga unit armada pemadam meluncur ke lokasi untuk menjinakkan api.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi menjelaskan, upaya pemadaman api di Desa Sumurcinde membutuhkan waktu tiga jam lebih. Mulai pukul 19.30 WIB sampai 22.15 WIB.

"Lokasi open gabah itu milik Pujiyanto (41) di RT 02 RW 05," ujar Gunadi kepada reporter blokTuban.com, Kamis (10/3/2022).

Perangkat Desa Sumurcinde, Sunhaji, lanjut Gunadi yang melaporkan ke petugas Damkar kebakaran itu sekitar pukul 20.25 Wib.

Setelah itu, Damkar pos Rengel langsung bergerak menuju lokasi dengab membawa tiga mobil. Si jago merah dijinakkan sekitar pukul 22.15 WIB kemudian petugas melakukan pembasahan.

Supaya kebakaran tersebut tidak terulang kembali, mantan Kepala Dinas Perhubungan itu mengatakan, tim Damkar juga memberikan edukasi ke masyarakat yang hadir agar selalu berhati-hati dan antisipasi dini agar tidak terjadi kebakaran serupa.

Sekaligus, kepada pengusaha pengering padi lainnya supaya memastikan open gabah dalam keadaan aman dari potensi kebakaran sebelum ditinggalkan.

"Kerugian ditaksir Rp115 juta," tandasnya. [ali/ono]