3.100 Dosis Vaksin PMK Tiba di Tuban, 6 Kecamatan Ini Jadi Prioritas Pertama

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban mendapatkan alokasi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian secara bertahap, tahap 1 telah diterima sejumlah 3100 dosis (3000 ekor). Tahap pertama ini, vaksin akan dialokasikan di Kecamatan Kenduruan, Soko, Rengel, Grabagan dan Singgahan dengan masing-masing 600 dosis, serta Kecamatan Tuban 100 dosis.

Kegiatan vaksinasi akan dimulai besok Hari Rabu sampai 4 hari ke depan oleh Tim Vaksinasi dari DKP2P Kabupaten Tuban. Pemilihan lokasi berdasarkan kasus paling sedikit, dikarenakan syarat ternak yang boleh divaksinasi hanya hewan yg sehat saja.

Terkait : Cegah Suspek PMK Meluas, Pemerintah Siapkan 810.000 Dosis Vaksin

"Untuk ternak lainnya akan diikutkan pada tahap dua, setelah dinyatakan sembuh tiga bulan baru bisa divaksin," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan Kabupaten Tuban, Drh. Pipin Diah Larasati dalam keterangannya yang diterima blokTuban.com, Selasa (28/6/2022). 

Berdasarkan data Pemkab Tuban, data sebaran PMK di Kabupaten Tuban per 28 Juni 2022 sebanyak 4.953, sakit 3.991, mati 10, dan sembuh 1552 ekor. Adanya vaksinasi PMK tersebut diharapkan sebaran wabah yang menyerang hewan berkuku belah di Tuban terkendali. 

Terkait : Imbas Penutupan Pasar Hewan di Tuban Akibat PMK, Pedagang Kambing Kelimpungan

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bakal menganggarkan dana Belanja Tidak terduga (BTT) di Perubahan keempat APBD 2022 untuk menangani penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang belum terkendali. 

Alasan BTT baru akan dicairkan, karena Pemkab menunggu petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah suratnya turun pada 9 Juni 2022 lalu, BTT dapat dicairkan melalui P-APBD. 

Terkait : Hore!...Dana BTT Penanganan PMK di Tuban Sebentar Lagi Cair

Pertama kali PMK masuk di Tuban pada 20 Mei 2022. Puluhan sapi milik warga Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek setelah di uji sampel menunjukkan hasil tertular PMK. 

Penanganan yang bisa dilakukan bagi hewan terpapar PMK adalah dengan meningkatkan imun, memberikan obat flu (parasetamol), mengobati luka pada mulut dan kuku, membersihkan lingkungan kandang, melakukan penyemprotan disinfektan, dan mengisolasi dari hewan yang sehat. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.