Dua Pekan Mobil INCAR Beroperasi di Tuban, Petani Merasa Butuh Sosialisasi Supaya Tak Ketilang

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comMobil Intragated Node Capture Attitude Record (INCAR) Satlantas Polres Tuban resmi dioperasikan kurang lebih dua pekan. Dalam pengoperasiaanya, terdapat seribu lebih pengendara yang terkena tilang elektronik (E-Tilang) sampai saat ini. 

Tidak hanya di daerah perkotaan saja, mobil INCAR ini rupanya juga menyisir desa-desa yang berada di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban. Adanya metode baru terkait penilangan ini, membuat sejumlah masyarakat resah. 

Bahkan, hingga kini masih ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui adanya penerapan mobil INCAR di Tuban, lantaran mengaku tidak bisa mengakses internet dan menggunakan media sosial. 

Terkait : Heboh mobil INCAR Masuk Pedesaan, Polres Tuban Ungkap Alasannya

“Saya malah baru tahu ada tilang seperti itu, saya ini petani nggak tahu internet seperti itu jadinya nggak tahu apa-apa. Orang desa  beda sama orang yang tinggal di kota sana,” kata pria yang tak mau diketahui identitasnya kepadamu blokTuban.com, Kamis (23/6/2022). 

Selain itu, ia juga menambahkan jika seharusnya kepolisian juga memberikan sosialisasi di desa-desa terkait adanya sistem baru tersebut, sehingga masayarakat awam terlebih yang tinggal di pedesaan yang minim pengetahuan menjadi tahu dan mengerti terkait informasi ini. 

Terkait : mobil INCAR Polres Tuban Deteksi 1.414 Pelanggar!

“Seharusnya ada sosialisasi dulu, kalau seperti saya ini kan nggak tahu informasi, yang saya tahu cuma macul (nyangkul) di sawah saja. Terus kalau tiba-tiba saya mau ke sawah kena tilang kan ya repot,” tambahnya. 

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso mengungkapkan jika pihaknya telah melakukan berbagai sosialisasi, bahkan dari jauh-jauh hari. Mulai dari sosialisasi baik melalui media sosial, Kecamatan, maupun Polsek setempat. 

Terkait : Dilengkapi 2 Kamera, mobil INCAR Tuban Bisa Rekam Pelanggaran Lalu Lintas Depan dan Belakang

“Sudah kita sosialisasi lewat Medsos (Media Sosial), sudah kita laksanakan sosialisasi. Kita juga mengundang Polsek untuk bisa dibantu sosialisasi ke masyarakat terkait dengan INCAR ini,” imbuhnya. [Sav/Ali]

Konten Berita Tuban menarik lainnya di Google News.