11:00 . Senin 15 Agustus 2022 : Telur, Bawang Merah, dan Daging Ayam di Tuban Naik, tapi Cabai Turun   |   10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Motor Telah Dijual, Begini Alur Mengurus E-Tilang di Tuban

bloktuban.com | Saturday, 18 June 2022 13:00

Motor Telah Dijual, Begini Alur Mengurus E-Tilang di Tuban Alur mekanisme E-Tilang di Kabupaten Tuban. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Tuban sudah mulai berjalan mulai hari Senin 13 Juni 2022 dengan mengincar para perlanggar pengendara sepeda motor maupun kendaraan mobil melalui Mobil Incar.

Diluncurkannya mobil incar diharapkan mampu mengurangi angka pelanggaran lalu lintas di Bumi Ranggalawe. Sistem kerja dari mobil Incar sendiri yaitu mengcapture (memfoto) para pelanggar. Foto tersebut akan dikirim ke kantor dan akan di pilah mana yang sekiranya bisa ditindak lebih lanjut. 

Tapi bagaimana jika tercapture adalah motor yang sudah di jual?

Kanit Tujawali Satlantas Polres Tuban, IPTU Jamari menjelaskan, ketika data dirasa sudah layak untuk dilakukan penindakan, maka pelanggar akan diberi notifikasi dengan dikirim surat pemberitahuan bahwa sudah melakukan pelanggaran. 

Baca Juga : Operasi Patuh Semeru 2022, Sehari Mobil Incar Deteksi 300 Pelanggaran

Sebaliknya jika kendaraan sudah dijual, ternyata cara penanganannya cukup mudah, yaitu cukup melakukan konfirmasi lewat aplikasi skrining riwayat pengemudi (SKRIP) bahwasanya motor telah di jual dengan menunjukkan beberapa bukti ke Samsat Tuban.

“Tinggal konfirmasi saja di aplikasi sudah ada opsi seperti status motor hilang atau di jual sudah ada semua tinggal menunjukkan bukti ke samsat,” ujar IPTU Jamari kepada blokTuban.com, Sabtu (18/06/2022).

Iptu Jamhari menambahkan, untuk penerima surat di beri waktu 8 hari untuk melakukan konfirmasi dan jika selama 8 hari tidak melakukan konfirmasi maka dari pihak kepolisian akan melakukan pemblokiran STNK kendaraan.  

Baca Juga : Catat! 8 Pelanggaran Ini Jadi Incaran Operasi Patuh 2022

Selain itu, jika kendaraan yang di tilang merupakan kendaraan kita sendiri. maka pembayaran bisa dilakukan dengan dua tahapan. Pertama, setelah mendapatkan pemberitahuan pelanggaran, atau langsung melakukan pembayaran denda maksimal di aplikasi skrining riwayat pengemudi (SKRIP) atau menunggu setelah persidangan.

"Jika kita hendak langsung membayar denda maksimal maka kita tidak perlu menunggu persidangan bisa langsung membayar di aplikasi dengan cara seperti saat melakukan pembayaran Briva di bank," imbuhnya. 

Baca Juga : Dilengkapi 2 Kamera, Mobil Incar Tuban Bisa Rekam Pelanggaran Lalu Lintas Depan dan Belakang

Akan tetapi, kalau hasil persidangan menunjukkan bahwa denda lebih sedikit dari pada denda maksimal, maka orang tersebut tidak perlu kuatir karena akan mendapatkan surat pengantar untuk mengambil kembalian. Cara mengambilnya di bank BRI dengan catatan tidak boleh diwakilkan harus pemilik kendaraan sendiri.  

"Jika hendak melakukan pembayaran setelah persidangan, maka kita harus menunggu persidangan terlebih dahulu setelah persidangan akan di tentukan berapa biaya denda yang akan di bayar oleh pelanggar caranya juga sama cukup di aplikasi SKRIP," tutupnya. [Nur/Ali]

TEMUKAN KONTEN BERITA TUBAN MENARIK LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : Tilang Leketronik, motor dijualcara urus Etle, Samsat Tuban, Satlantas Polres Tuban, Mobil INCAR



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat