Alasan Bupati Tuban Ingin Tim Sepakbola di Porprov Jatim Bermental Ronggolawe dan Berhati Bumi Wali

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam pemberangkatan 24 atlet dan 8 official cabang olahraga (cabor) sepakbola yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-7 Tahun 2022, Rabu (15/06/2022) ada hal menarik yang diucapkan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. 

Berbeda dengan kesempatan lainnya, kali ini Bupati Lindra menyebutkan dua slogan Tuban yang berbeda era tersebut. Slogran tersebut adalah Ronggolawe dan Bumi Wali. 

Ternyata penyebutan dua slogan tersebut, menjadi pesan khusus kepada tim sepakbola Porprov Jatim yang diberangkatkan olehnya. Lindra menekankan agar atlet bermain dengan mental Ronggolawe dan berhati Bumi Wali. 

Baca Juga : Mengaku Sering Diremehkan Karena Disabilitas, Moch Saerozi Balas dengan Prestasi olahraga

"Maksudnya, mental Ronggolawe bahwa atlet Tuban harus memiliki semangat juang yang tinggi agar bisa meraih prestasi dan jadi juara. Sedangkan, berhati Bumi Wali bermakna atlet Tuban harus tetap rendah hati, menghormati lawan, dan menjunjung sportifitas," ujarnya. 

Pemkab Tuban juga telah menyiapkan reward dan penghargaan bagi atlet berprestasi. Adapun nominalnya tengah dikaji Disbudporapar selaku OPD yang membidangi. 

“Saya secara pribadi juga akan memberikan penghargaan kepada mereka,” jelasnya.

Baca Juga :Fasilitas olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Bupati Lindra mengatakan atlet yang diberangkatkan merupakan yang terbaik dan memiliki pengalaman. Mereka telah lolos sejumlah seleksi dan mengikuti pemusatan latihan. 

“Saya optimis kontingen Kabupaten Tuban dapat meraih juara,” serunya.

Lindra juga berpesan agar atlet disiplin, menjaga kondisi fisik dan psikis, serta mematuhi arahan dan keputusan pelatih. Strategi yang telah diberikan hendaknya ditetapkan dengan bermain sungguh-sungguh namun juga menyenangkan. Di samping itu, kecintaan terhadap olahraga harus dijadikan motivasi agar meraih hasil terbaik.  

“Jangan lupa mohon doa orang tua, keluarga, dan pelatih,” tuturnya.

Baca Juga : Deretan SMAN dan Tim Pemenang Bupati Tuban Cup 2022 Cabor Bola Basket, Voli, dan Sepak Takraw

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disbudporapar, Arman Mitra menjelaskan bahwa tim sepakbola Tuban sebagai juara Porprov Jatim ke-6 secara langsung lolos ke babak 16 besar. Tim Kabupaten Tuban tergabung grup A bersama tiga tim lainnya, yakni tuan rumah Lumajang, Lamongan, dan Blitar. 

Berdasarkan jadwal, pada pertandingan perdana Kabupaten Tuban akan bertemu Kabupaten Lamongan pada Jumat (17/6). Pertandingan kedua melawan tuan rumah Lumajang pada Senin (20/6), dan pertandingan terakhir atau babak penyisihan grup digelar Kamis (23/6) melawan Blitar.

Baca Juga : Menyongsong Kejurprov, Ini Target NPCI Tuban

Arman Mitra menambahkan cabor sepak bola diberangkatkan lebih awal karena Jumat (17/6) nanti sudah bertanding. Sedangkan untuk seluruh kontingen lainnya dijadwalkan berangkat pada Rabu (22/6).

Untuk diketahui, Porprov Jatim ke-7 tahun 2022 akan digelar di empat kabupaten, yakni di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Menurut rencana, Porprov Jatim 2022 edisi ke-7 tersebut dilaksanakan pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022. [Ali]

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di Google News.