50 Cabor Kini Bernaung di KONI Tuban, Terbaru Ada Arung Jeram hingga Rugby

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jumlah cabang olahraga (Cabor) yang bernaung di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban kini menjadi 50 dari sebelumnya 45 cabor. Lima cabor terbaru telah bergabung dan dikukuhkan disela Muskerkab 2022 di gedung DPRD, Jumat (25/3). 

Cabor pendatang yang dikukuhkan yaitu, Anggar, Rugby, Arung Jeram, Binaraga Fitnes dan Kurash. Ditandai dengan penyerahan SK dari pengurus KONI Tuban kepada masing-masing ketua Cabor. 

Pengurus Arung Jeram, Tuban, Ainul Muzamil telah mendaftarkan diri ke KONI Tuban Setelah sebelumnya fokus pembinaan dan sosialisasi dipelbagai kelompok pelajar dan pecinta alam di Tuban. Bahkan, sejak dua tahun terakhir beberapa kompetisi sudah pernah diikuti oleh Cabor Arung Jeram Tuban.

“Alhamdulillah kami sudah mulai pengenalan sejak 2020, dan Tuban sudah pernah ikut kompetisi tingkat Jatim pada pra kualifikasi kejuaraan daerah,” kata Zamil dilansir dari laman Konituban, Sabtu (26/3/2022). 

Pria yang aktif di pecinta alam itu, menambahkan Tuban memiliki potensi cukup baik untuk pengembangan olahraga Arung jeram, dengan potensi sungai dihampir setiap Kecamatan yang ada di daerah ini. Meskipun sungai di cenderung tidak memiliki jeram atau tidak memiliki aliran deras, beberapa nomor olahraga jeram masih cukup berpeluang dikembangkan seperti nomor dayung dan Sprint.

Diharapkan cabang olahraga jeram mampu memberikan warna baru bagi olahraga di Tuban, sekaligus mampu menjadi peluang baru untuk meraih prestasi di berbagai jenjang perlombaan.

“Untuk Porprov tahun ini masih eksebisi, mudah-mudahan perhelatan Porprov berikutnya Cabor ini sudah tidak sekedar eksebisi,” harapnya.

Pihanya telah menyosialisasikan ke sekolah-sekolah soal Arung Jeram, agar menjadi bagian dari program ekstra Kulikuler di sekolah.

Sementara ini, salah satu sekolah di Kecamatan Plumpang telah menjadi pilot projek pengembangan olahraga arung jeram di Tuban.

“MA Al-Kutsiah di Klotok sementara ini, ada dua regu putra dan putri,” beber Zamil. 

Sedangkan Pengurus Cabang Olahraga Rugby, Kabupaten Tuban menyatakan siap memberikan prestasi dan membuat harum nama Daerah.

Sebagai langkah awal, perwakilan pengurus telah mendaftarkan Cabang olahraga (Cabor) beradu taktik dan strategi berebut bola itu ke KONI Tuban. 

Komitmen para pengurus mendapatkan tanggapan positif untuk menambah keragaman cabang olahraga di Tuban, yang berada dibawah naungan Komite olahraga daerah itu.

“Kami sudah audensi dan alhamdulillah sambutan cukup baik dari Pengurus KONI,” sambung Ketua Pengkab Rugby Tuban, Imam Sutiono terpisah. 

Olahraga Rugbi sebenarnya sudah beberapa tahun ini mengeliat di Tuban, bahkan beberapa atlet sudah pernah mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di Jawa Timur.

Untuk mengenalkan Cabornya, Imam melalui pengurus yang ada di sejumlah kecamatan, sudah melakukan sosialisasi di beberapa sekolah.

Tahun ini pengurus menargetkan menyelenggarakan kompetisi atau kejuaraan untuk mengenalkan olahraga itu kepada masyarakat umum.

“Kami perkenalkan disejumlah sekolah, kami punya target olahraga ini mampu memberikan prestasi terbaik bagi Bumi Wali Tuban,” ungkapnya

Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Manshur membenarkan bahwa, sebelumnya ada 45 Cabor yang berada di bawah naungan KONI Tuban. Dengan bertambahnya 5 Cabor baru ini, total ada 50 Cabor yang sudah bergabung ke KONI Tuban.

“Dengan bertambah lima Cabor ini, sekarang anggota KONI jadi 50 Cabor dan ada 20 Kaoordinator kecamatan,” kata Mirza.

Semakin banyaknya Cabor yang bergabung diharapkan bisa berbanding lurus dengan semakin banyaknya prestasi yang bisa dicapai KONI Tuban.

“Target untuk Cabor baru kita harapkan memiliki banyak atlet potensial. Jika memang ada potensi, tentu akan kita ikutkan di Porprov dan bisa meraih medali,” jelas Mirza.

Selain itu, adanya lima Cabor baru tersebut diharapkan memberikan warna dan prestasi yang lebih gemilang bagi Kabupaten Tuban. [Ali]