Mudah! Begini Cara Membuat Martabak Telur Puyuh, Jajanan yang Digemari Anak Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Selama ini, tepung terigu menjadi salah satu bahan yang diandalkan oleh sejumlah ibu rumah tangga. Sebab, tepung terigu dapat dirubah menjadi berbagai olahan makanan yang sangat nikmat untuk dihidangkan. 

Tak heran jika tepung terigu juga sering disebut dengan julukan tepung serbaguna oleh para ibu-ibu. Pasalnya, dari satu bahan ini, kalian tidak perlu bingung menghidangkan cemilan untuk keluarga ataupun tamu yang sedang berkunjung. 

Selain cocok sebagai menu hidangan, cemilan sederhana yang tebuat dari tepung ternyata juga bisa jadi ide jualan yang dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Memang ada banyak jenis cemilan yang bisa dikreasikan, salah satunya martabak telur puyuh yang sering menjadi jajanan favorite anak-anak. 

Baca Juga : Renyahnya Gapit Saringembat, Cocok Jadi Suguhan Lebaran

Di Kabupaten Tuban sendiri, saat ini sudah banyak pedagang yang menjajakan cemilan satu ini, baik secara online maupun offline, salah satunya ialah Sabilla, perempuan asal Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. 

“Jualan online ini sudah dari 2021 tapi masih belum bisa maksimal. Alhamdulillah lumayan banyak peminatnya terutama anak-anak kecil juga pada tanya ke rumah,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Minggu (12/6/2022). 

Menurutnya, selain tepung terigu dan telur puyuh, bahan lain yang diperlukan untuk membuat martabak telur puyuh ini yaitu daun bawang, bawang putih bubuk, air, bumbu kaldu dan juga garam. 

Baca Juga : 4 Jenis Gorengan yang Laris Diburu, Cocok untuk Ide Jualan Gorengan di Rumah

Setelah seluruh bahan siap, maka langkah yang haru dilakukan ialah mencampur seluruh bahan yang telah disiapkan sesuai dengan takaran yang telah dikira-kira sebelumnya, kecuali telur puyuh. 

“Mudah banget sebenarnya buatnya, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, garam dan bumbu kaldu dimasukkan wadah dan diberi air sampai encer, terus diaduk,” jelasnya. 

Selanjutnya, setelah seluruh bahan telah teraduk dengan sempurna, barulah adonan tepung  tersebut dimasukkan dalam cetak penggorengan yang sudah panas. Setelah itu barulah telur puyuh dimasukkan ke dalam cetakan tersebut dan dibolak-balik hingga matang dengan sempurna, dan siap untuk dinikmati. 

Baca Juga : Cara Membuat Kemplang Khas Tuban, jajanan Legendaris Gurih dan Renyah

“Waktunya nggak lama, tapi memang biasanya kalau ada yang mau beli baru kubuatkan karena enakan kalau dimakan waktu masih hangat. Satu martabak biasanya Rp1000 jadi terserah mau beli berapa kalau anak-anak, tapi kalau yang mesen online biasanya satu wadah Rp5 ribu itu isi lima,” bebernya. [Sav/Ali]

Dapatkan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya Hanya DI SINI.