Pedagang Takjil Dadakan Menjamur di Desa Klotok

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Penjual takjil dadakan di sejumlah daerah Kabupaten Tuban mulai menjamur, sehingga aneka jajanan ataupun minuman bisa dengan mudah ditemui oleh masyarakat luas. 

Seperti halnya yang terjadi di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Sama seperti tahun sebelumnya, pada Ramadan tahun ini, nampak sederet lapak dijajakan di pinggir jalan dengan beraneka menu pilihan berbuka puasa. 

Salah seorang pedagang es, Irmawati yang merupakan warga sekitar mengatakan jika setiap tahunnya ia selalu berjualan es ditempat tersebut, meskipun sempat fakum satu tahun karena serangan Covid-19 pada tahun 2020 lalu. 

“Setiap tahun memang selalu jualan es di sini, nggak pernah pindah. cuma dulu waktu awal-awal corona sempat nggak jualan, sepi juga karena kan orang jadi takut buat beli es,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi, Sabtu (16/4/2022). 

Biasanya, para pedagang takjil mulai menjamur dan menjajakan daganganya sejak pukul 15.00 WIB hingga malam hari. Di kawasan ini sendiri, ada banyak menu yang dijajakan oleh para pedagang mulai dari es dawet, es cintau, es buah, pukis, kebab, gorengan, lauk pauk, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Tidak hanya menjual hidangan makanan dan mainan saja, rupanya juga ada sebagian pedagang yang turut menjajakan barang seperti mainan untuk anak-anak, sendal, sepatu, hingga baju. 

Tak heran, jika banyak masyarakat sekitar yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu ngabuburit di tempat ini. Pasalnya, ada banyak dagangan yang bisa dipilih sesuka hati dan yang pasti menyesuaikannya dengan kantong. 

Nabilla, salah seorang pembeli mengungkapkan, ia merasa sangat bersyukur dengan adanya penjual takjil di desanya. Sebab, dengan demikian ia tidak perlu lagi bepergian jauh-jauh untuk berburu takjil. 

“Alhamdulillah jadi lebih mudah beli bukaan karena memang menurut saya semuanya lengkap di sini,” terangnya. 

Selain itu, menurutnya dengan adanya penjual takjil dadakan yang menjamur ini membuat desanya menjadi lebih ramai dan dikenal oleh masyarakat banyak. [Sav/Ali]