18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Renyahnya Gapit Saringembat, Cocok Jadi Suguhan Lebaran

bloktuban.com | Monday, 18 April 2022 12:00

Renyahnya Gapit Saringembat, Cocok Jadi Suguhan Lebaran Jajanan gapit Saingembat rasanya gurih dan renyah. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter: S.Y Lailatul Erlina NR.

blokTuban.com - Hari lebaran menjadi momentum yang ditunggu bagi seluruh umat Islam. Banyaknya tamu yang berkunjung ke rumah, jajanan lebaran yang menjadi suguhan meja tidak boleh ketinggalan untuk menjamu para tamu. Sehingga momen lebaran menjadi berkah pagi pengusaha kue. 

Tak hanya kue yang diolah secara modern, kue tradisional nyatanya masih diburu para pembeli. Di Desa Saringembat RT 14/RW 05, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban terdapat usaha rumahan yang memproduksi kue gapit milik Hasyim (36) yang telah memulai usaha gapit sejak tahun 2008.

“Saya sudah memulai usaha membuat gapit sejak tahun 2008 yang saya kerjakan sendiri,” ucapnya kepada blokTuban.com, Senin (18/04/2022).

Setiap harinya Hasyim menghabiskan delapan kilo gram bahan adonan untuk membuat gapit. Namun, memasuki bulan Rajab hingga bulan Ramadan 1443 H permintaan pesanan meningkat hingga menghabiskan sekitar sepuluh sampai dua belas kilo gram bahan adonan. 

“Saya membuat sekitar depalan kilo gram adonan sejak pagi pukul 07:00 WIB proses pembuatan gapit saya lakukan hingga pukul 22:00 WIB pada hari-hari biasa, tapi ketika bulan Ramadan proses pembuatan dimulai setelah tarawih sampai selesai,” tengan Hasyim (36).

Bahan yang digunakan Hasyim dalam membuat gapit adalah tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, gula, dan telur. Cara pembuatan gapit tidaklah sulit, diawali dengan membuat adonan terlebih dahulu kemudian mencampurkan gula kedalam adonan dan ditambahkan air sampai adonan halus. 

Langkah selanjutnya yakni mendiamkan campuran adonan itu selama sepuluh menit kemudian dicetak diatas kompor yang menyala.

Proses pemasaran gapit miliknya, Hasyim menyetorkan dibeberapa toko  di kecamatan Singgahan, Merakurak, Montong, dan Parengan. Sebelum harga bahan pokok naik Hasyim menjual dengan harga dua ribu rupiah berukuran kecil, namun dengan naiknya harga bahan pokok mempengaruhi harga jual. 

Saat ini dibandrol seharga dua ribu lima ratus setiap satu pcs. Untuk yang kemasan besar dijual dengan harga lima ribu rupiah. [Lina/Ali]

Tag : Gapit, Jajanan Lebaran, Desa Saringembat, Kue Renyah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat