09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Supaya Selamat dari Segala Bencana dan Mara Bahaya   |   18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cara Membuat Kemplang Khas Tuban, Jajanan Legendaris Gurih dan Renyah

bloktuban.com | Sunday, 17 April 2022 09:00

Cara Membuat Kemplang Khas Tuban, Jajanan Legendaris Gurih dan Renyah Tahun ini Rusmini mendapat orderan kemplang cukup banyak. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki banyak jajanan legendaris yang selalu diburu saat lebaran. Salah satunya, jajanan kemplang yang memiliki rasa gurih dan disukai semua kalangan, Minggu (17/4/2022).

Kemplang sendiri sejenis keripik renyah yang cocok untuk suguhan keluarga saat berkumpul saat Idul Fitri. Selain untuk camilan, jajanan yang diproduksi di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban ini juga bisa disantap dengan menu makanan berat. Misalnya opor ataupun satu ketupat. 

Salah satu pelanggan kemplang Tuban yaitu Arianto (39). Ia mengaku sering membelinya baik untuk suguhan lebaran maupun oleh-oleh keluarga. Ia sudah langganan membeli di Bektiharjo karena rasanya gurih.

"Ini membeli satu Kg dulu dan sisanya empat Kg kemplang dan kacang sembunyi akan diantar ke rumah," ujar pria asal Jombang.

Sebagai warga bukan asli Tuban, Arianto pertama mendengar kemplang yang terlintas dibenaknya bukan makanan, melainkan kepala yang dipukul. Ia baru mengetahui, kata kemplang dari proses pembuatannya adonan sebesar kepala dipukul-pukul ke kayu hingga kenyal lalu diiris tipis seperti keripik.

Pembuat kemplang asal Desa Bektiharjo, Semanding, Rusmini (44) kepada blokTuban.com mengatakan, kemplang dibuat dari bahan tepung terigu, telor, cabai, dan mentega. Semua bahan dicampur hingga membentuk adonan.

Untuk membuat kemplang harus sabar setiap tahap. Tidak bisa terburu-buru karena akan mempengaruhi hasilnya. Adonan sebelum dicetak tipis, harus dibanting beberapa kali supaya lebih kenyal.

Adonan yang telah kenyal tersebut baru bisa digiling sebanyak lima kali, untuk mendapat kemplang yang benar-benar tipis. Proses terakhir penggorengan dengan api sedang supaya kemplang tidak gosong.

"Jelang lebaran ini sudah ada pesanan 10 Kilogram dari tetangga. Ada yang dikonsumsi sendiri maupun untuk suguhan lebaran nanti," sambungnya.

Jika dibanding tahun 2021 lalu, permintaan kemplang tahun ini lebih banyak karena masyarakat sudah boleh mudik ke kampung halaman. Untuk mengejar pesanan 20 Kg, dirinya harus meningkatkan marketingnya. Sebelum pandemi Covid-19, permintaan kemplang pernah mencapai satu kwintal.

Untuk harga kemplang, Rusmini membandrol Rp30.000 per Kg. Selain itu, ia juga menerima pesanan kacang sembunyi, keripik pisang, dan ladrang. Semuanya diproduksi di rumahnya yang tidak jauh dari sendang Bektiharjo. [Ali]

 

Tag : kemplang, jajanan legendaris, suguhan lebaran, khas Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat