23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harga Tiket Tinggi Boleh, Asalkan Sebanding dengan Ekspektasi Wisatawan

bloktuban.com | Monday, 06 June 2022 12:00

Harga Tiket Tinggi Boleh, Asalkan Sebanding dengan Ekspektasi Wisatawan Spot foto favorit pengunjung di objek wisata Pantai Kelapa Tuban. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah kalangan kini ramai memperbincangkan pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan soal rencana kenaikan tarif bagi wisatawan domestik yang ingin menaiki Candi Borobudur. Sejumlah pro dan kontra tak terelakkan soal rencana tersebut, meskipun dikabarkan adanya pengkajian ulang. 

Berbicara terkait kenaikan tarif harga tiket sebuah destinasi wisata, tentunya tidak dapat gegabah dan harus dilakukan kajian panjang. Menurut pengelola wisata Pantai Kelapa Tuban, Muhasan, bahwa menaikkan sebuah tiket wisata di Kabupaten Tuban akan berdampak pada jumlah kunjungan. Karenannya berapapun harga tiket di setiap wisata, harus dipertimbangkan dengan apa yang diberikan kepada pengunjung. 

"Itu yang teman-teman harus perhatikan betul. Saya lihat wisata di Tuban itu baru memanfaatkan alamnya saja. Oleh karenanya, ketika hargaa tiketnya tinggi maka akan memilih pada tempat wisata yang lain," ujar Muhasan kepada blokTuban.com, Senin (6/6/2022). 

Pria yang aktif di Pokdarwis Tuban itu, menambahkan berkenaan dengan standart tiket juga susah untuk menentukannya. Mengingat kebutuhan di setiap objek wisata operasionalnya berbeda. Untuk di Kabupaten Tuban ada wisata yang hanya sebatas parkir, pintu masuk, dan ada yang mentarifkan parkir dan pintu masuk. 

 

Baca Juga : Berlibur ke Tebing Pelangi Tuban Saat Akhir Pekan, Pengunjung : Gak Bakalan Nyesel

Menurutnya, semua itu berpola pada kondisi masing-masing wisata tentunya. Contohnya jika sebuah hanya mengandalkan wisata parkir, pertanyannya Sumber Daya Manusia (SDM) dan keuntungannya didapatkan dari mana. Selain itu, gaji personilnya berapa dan apakah ada pengembangan lagi apa tidak dan harus dipikirkan biayanya. 

"Pelaku wisata harus memikirkan hal ini, sehingga tidak selalu yang digratiskan tepat dan tidak selalu tiketnya tinggi itu benar. Jadi yang lebih tahu itu adalah masinhg-masing obyek wisata tersebut," imbuhnya. 

Diakui Muhasan, bahwa adakalanya ingin jumlah kunjungan wisata meningkat dengan cara menggratiskan tiketnya, apakah hanya ditarik parkir atau tiket di pintu masuk saja. Akan tetapi, pada perkembangannya akan lebih lamban dan pengunjung tidak datang kembali karena kesannya kurang. Mulai dari penataan, pembangunan, dan lain sebagainya. 

Pria yang berdomisili di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang juga menjelaskan, bahwa harga tinggi boleh tentunya harus sebanding dengan fasilitas yang diperoleh wisatawan. Sederhanya pengelola tidak malu mematok harga tiket tinggi, akan tetapi tidak sesuai dengan ekspektasi pengunjung. 

 

Baca Juga : Aestetic untuk Reels Instagram, Berlibur di Pantai Pasir Putih Tuban Serasa ke Bali

"Penyeragaman tiket wisata di Tuban sulit, dan kembali ke pengelola masing-masing karena tingkat pembiayaan dan tingkat resikonya berbeda di setiap objek wisata. Berapapun harga tiketnya sebetulnya tidak jadi masalah, senyampang pengelola itu dapat memikirkan azas kepatutan tiket sebanding dengan yang didapatkan wisatawan," terangnya. 

Dari penjelasan tersebut, Muhasan menegaskan bahwa tidak selamanya yang gratis itu mejadi favorit dan terkadang yang mahal itupun akan menjadi kenangan tersendiri bagi kalangan tertentu. Pesannya kepada pengelola wisata untuk lebih berhati-hati dari sisi tersebut. [Ali] 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Harga Tiket, Ekspektasi Wisatawan, Luhut, Wisata daerah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat