Tiket Terbaru Wisata Air Terjun Nglirip Saat Libur Panjang Idul Fitri 2022

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Mendekati libur panjang pada hari lebaran, tentu dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi objek wisata. Pada bulan puasa tempat wisata cenderung sepi pengunjung, sehingga digunakan perbaikan ataupun melengkapi fasilitas menyambut libur panjang hari lebaran.

Salah satunya adalah wisata air terjun Nglirip yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Tuban, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 33 kilo meter untuk tiba di air terjun Nglirip. 

Di wisata tersebut memiliki pesona alam yang indah dengan derasnya air terjun dengan bebatuan yang memberikan kesegaran serta memanjakan para pengunjung. Menjelang libur hari lebaran, pengelola menambahkan beberapa spot foto yang menarik.

“Menjelang libur hari raya, saya mengumpulkan pegiat atau petugas wisata air terjun Nglirip untuk persiapan menjelang libur dengan menambah spot selfie, fasilitas hiburan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas lainnya sudah disiapkan secara gratis bagi para pengunjung,” terang Multazam Dawud (44) selaku ketua Pokdarwis air terun Nglirip sekaligus ketua Forkom Pokdarwis Kabupaten Tuban kepada blokTuban.com, Kamis (28/4/2022).

Lokasi wisata air terjun Nglirip, saat ini semakin indah dengan penambahan taman, namun untuk air terjun tidak ada perubahan sama sekali agar terjaga kelestaiannya. Tak hanya itu, juga terdapat tambahan beberapa tempat duduk yang dikelilingi bunga-bunga, gazebo, cafe, dan terdapat aula yang bisa digunakan berbagai acara.

“Aula di sini nantinya akan disewakan, barang kali ingin dipakai untuk acara reuni, meeting, arisan, atau acara lainnya. Sehingga pengunjung bisa berkumpul dengan menikmati view air terjun, hiburan, kuliner, sesuai permintaan kami siap memfasilitasi,” imbuhnya.

Multazam menambahkan, pengunjung yang mendatangi wisata air terjun Nglirip tidak hanya wisatawan lokal. Setiap bulannya selalu ada wisatawan asing yang datang dari beberapa negara, seperti Timur Leste, Qatar, India, Siria, dan Abudabi. 

Pengaruh utama untuk penyebaran wisatawan yang datang adalah melalui sosmed. Perlu diketahui, harga tiket masuk air terjun Nglirip pada hari libur lebaran nanti mengalami kenaikan. Harga sebelumnya, untuk usia anak-anak Rp. 3000 menjadi Rp. 5000 dan dewasa sebelumnya Rp. 5000 menjadi Rp. 10.000 namun hanya beberapa hari saja dan setelah itu nantinya normal kembali.

Untuk menyambut libur panjang lebaran, Pokdarwis bekerja sama dengan karang taruna dan elemen desa lainnya. Selain mengandalkan kuliner, pengelola juga akan menambah oleh-oleh seperti kaos, gantungan kunci, topi, dan souvenir lain. 

Dimulai sejak tahun lalu, ketika libur panjang seperti hari lebaran, tahun baru, natal, khas oleh-oleh selalu ada. Begitupula protokol kesehatan tentunya tetap diperhatikan oleh petugas kepada pengunjung air terjun Nglirip dengan menggunakan masker, nantinya ditambah barkot untuk cek vaksin demi kenyamanan bersama. [Lina/Ali]