10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Supaya Selamat dari Segala Bencana dan Mara Bahaya   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Batu Tapakan Mbah Ngali Duduk Bersila di Desa Saringembat dan 44 Serabi

bloktuban.com | Wednesday, 27 April 2022 13:00

Batu Tapakan Mbah Ngali Duduk Bersila di Desa Saringembat dan 44 Serabi Tapakan Mbah Ngali di Desa Saringembat tak begitu terlihat jelas karena tertutup pasir. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Situs batu tapakan yang berada di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, masih sangat jarang diketahui masyarakat. Bahkan warga sekitar tidak mengetahui persis siapa sosok Mbah Ngali itu.

Berdasarkan cerita pendahulu tentang batu tapakan diyakini warga sebagai bekas semedi Mbah Ngali. Sosok Mbah Ngali berdasarkan cerita pendahulu ada yang mengatakan memiliki nama Lalang Kusumo, yaitu masih memiliki garis keturunan dari Joko Tingkir. Selain batu tapakan tidak diketahui pasti letak makamnya. Cerita yang diketahui warga, Mbah Ngali bertempat di gunung Ngali.

Tapakan Mbah Ngali sendiri berbentuk ukiran orang duduk bersila dengan posisi tangan diletakkan di samping kaki. Setelah direnovasi batu tapakan tidak terlihat jelas karena tertutup pasir dan tanah.

“Awalnya hanya batu tapakan saja, setelah salah satu warga didatangi dalam mimpi lalu dipasang gubuk kecil dan di payungi,” ucap Rusti’ah (57) kepada blokTuban.com, Rabu (27/04/2022).

Sejak dahulu dan sudah turun temurun, tapakan Mbah Ngali digunakan manganan oleh warga desa Saringembat pada bulan lebaran haji atau Dzulhijjah pada hari Jumat pahing dengan membawa nasi tumpeng, pangang ayam dan 44 serabi. 

Khas dari Manganan yang membawa 44 serabi seiring berjalannya waktu, tradisi yang sudah dilakukan sejak dahulu kini mulai ada perubahan. Serabi yang sebelumnya harus berjumlah 44 ketika Manganan, saat ini tidak lagi diterapkan. Warga hanya membawa serabi dengan jumlah sedikit sebagai syarat saja. Manganan dilakukan warga sekitar dengan mengaji di sekeliling tapakan.

“Biasanya ketika jagoan kepala desa, pasti para calon kepala desa ke sini untuk izin yang sudah menjadi tradisi sejak dulu,” imbuhnya.

Kendati demikian, warga menyayangkan kurangnya perawatan pada situs batu tapakan yang semestinya dijaga dan dilestarikan. Saat ini, batu tapakan berbentuk orang yang duduk bersila tertimbun pasir hingga tidak terlihat jelas. [Lina/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Mbah Ngali, Tapakan, Semedi, religi, Desa Saringembat, Singgahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat