19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |   06:00 . Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Batu Tapakan Mbah Ngali Duduk Bersila di Desa Saringembat dan 44 Serabi

bloktuban.com | Wednesday, 27 April 2022 13:00

Batu Tapakan Mbah Ngali Duduk Bersila di Desa Saringembat dan 44 Serabi Tapakan Mbah Ngali di Desa Saringembat tak begitu terlihat jelas karena tertutup pasir. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Situs batu tapakan yang berada di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, masih sangat jarang diketahui masyarakat. Bahkan warga sekitar tidak mengetahui persis siapa sosok Mbah Ngali itu.

Berdasarkan cerita pendahulu tentang batu tapakan diyakini warga sebagai bekas semedi Mbah Ngali. Sosok Mbah Ngali berdasarkan cerita pendahulu ada yang mengatakan memiliki nama Lalang Kusumo, yaitu masih memiliki garis keturunan dari Joko Tingkir. Selain batu tapakan tidak diketahui pasti letak makamnya. Cerita yang diketahui warga, Mbah Ngali bertempat di gunung Ngali.

Tapakan Mbah Ngali sendiri berbentuk ukiran orang duduk bersila dengan posisi tangan diletakkan di samping kaki. Setelah direnovasi batu tapakan tidak terlihat jelas karena tertutup pasir dan tanah.

“Awalnya hanya batu tapakan saja, setelah salah satu warga didatangi dalam mimpi lalu dipasang gubuk kecil dan di payungi,” ucap Rusti’ah (57) kepada blokTuban.com, Rabu (27/04/2022).

Sejak dahulu dan sudah turun temurun, tapakan Mbah Ngali digunakan manganan oleh warga desa Saringembat pada bulan lebaran haji atau Dzulhijjah pada hari Jumat pahing dengan membawa nasi tumpeng, pangang ayam dan 44 serabi. 

Khas dari Manganan yang membawa 44 serabi seiring berjalannya waktu, tradisi yang sudah dilakukan sejak dahulu kini mulai ada perubahan. Serabi yang sebelumnya harus berjumlah 44 ketika Manganan, saat ini tidak lagi diterapkan. Warga hanya membawa serabi dengan jumlah sedikit sebagai syarat saja. Manganan dilakukan warga sekitar dengan mengaji di sekeliling tapakan.

“Biasanya ketika jagoan kepala desa, pasti para calon kepala desa ke sini untuk izin yang sudah menjadi tradisi sejak dulu,” imbuhnya.

Kendati demikian, warga menyayangkan kurangnya perawatan pada situs batu tapakan yang semestinya dijaga dan dilestarikan. Saat ini, batu tapakan berbentuk orang yang duduk bersila tertimbun pasir hingga tidak terlihat jelas. [Lina/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Mbah Ngali, Tapakan, Semedi, religi, Desa Saringembat, Singgahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat